Hujan Lebat dan Angin Kencang Berpotensi Terjadi di Sulut

MANADO - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan lebat dan angin kencang berpotensi landa wilayah Sulawesi Utara.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 14 Oktober 2024," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle di Manado, Sabtu.

Potensi cuaca ekstrem, kata dia, diperkirakan terjadi di beberapa kabupaten dan kota di wilayah provinsi berpenduduk lebih 2,6 juta jiwa tersebut.

"Kami berharap warga berhati-hati apabila melakukan aktivitas pada saat cuaca ekstrem. Bencana banjir, tanah longsor bisa saja terjadi saat kondisi cuaca ekstrem," ujarnya.

Dia mengatakan, hingga beberapa hari ke depan warga mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Dia mengatakan, di hari ini potensi cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di wilayah Kota Manado, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Selanjutnya di 13 Oktober 2024, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang dapat terjadi di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Sedangkan di tanggal 14 Oktober 2024 diperkirakan terjadi di Kabupaten Minahasa, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.