Skor Imbang, Manajer Brighton dan Forest Dikartu Merah

JAKARTA - Brighton and Hove Albion gagal menang setelah bermain imbang 2-2 melawan Nottingham Forest di pertandingan Premier League Inggris di Stadion The American Express Community, Minggu, 22 September 2024 malam WIB. Di laga itu manajer Brighton dan Forest sama-sama dikartu merah.

Brighton gagal memperbaiki posisinya. Mereka juga tak mampu menjaga konsistensi saat kompetisi memasuki pekan kelima.

Setelah sempat menguasai takhta klasemen dan bahkan menghajar Manchester United 2-1, Brighton kemudian mengalami penurunan. Di laga terakhir melawan Forest, tim asuhan Fabian Hurzeler tersebut gagal meraih kemenangan. Meski tertinggal lebih dulu, namun Brighton mampu berbalik unggul.

Hanya saja, mereka gagal mempertahankan keunggulan dan menutup laga dengan skor imbang. Ini untuk kali ketiga secara berturut-turut Brighton memetik poin satu. Sebelumnya, mereka bermain imbang melawan Arsenal (1-1) dan Ipswich Town (0-0).

Hasil imbang itu menjadikan posisi Brighton mengalami penurunan. Kini, Brighton menduduki peringkat tujuh dengan poin sembilan. Sama dengan Forest, namun Brighton masih unggul selisih gol. Ini yang menjadikan Forest menempati posisi 10.

Laga itu sendiri berjalan imbang. Brighton mencoba menekan lawan. Namun Forest pun tidak segan bermain terbuka. Meski kalah dalam penguasaan bola, Forest justru berhasil unggul lebih dulu setelah mencetak gol dari titik penalti menit 13.

Forest mendapat hadiah penalti setelah gelandang Carlos Baleba melakukan tekel dari belakang terhadap Callum Hudson-Odoi di kotak terlarang. Wasit menunjuk titik putih dan Chris Wood sukses menuntaskan eksekusi penalti.

Tertinggal 1-0 tak membuat Brighton kehilangan semangat. Mereka tetap bermain menyerang dan berusaha mengejar defisit gol. Namun Brighton menghadapi pertahanan kokoh Forest yang menyulitkan mereka membobol gawang lawan.

Kesabaran pemain Brighton akhirnya terbayarkan menjelang akhir babak pertama. Bahkan mereka berhasil mencetak dua gol dalam tempo tiga menit.

Gol pertama tuan rumah dihasilkan Jack Hinshelwood di menit 42. Sundulan dia yang menyambut umpan silang Jan Paul van Hecke menaklukkan kiper Matz Sels. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Selanjutnya, striker veteran Danny Welbeck membawa Brighton unggul di injury time babak pertama. Gol diciptakan eks penyerang Arsenal ini lewat tendangan bebas. Brighton menutup babak pertama dengan skor 2-1.

Memasuki babak kedua, Brighton tetap bermain menekan demi mempertahankan keunggulan. Hanya serangan mereka selalu gagal membuahkan hasil. Begitu pula Forest tak bisa menembus pertahanan tuan rumah.

Usaha Forest memang tidak sia-sia. Di menit 70, pemain pengganti Ramon Sosa memecah kebuntuan untuk menyamakan skor menjadi 2-2. Dirinya menyelesaikan assist dari Jota Silva.

Pertandingan kian memanas. Apalagi Forest kemudian bermain dengan 10 orang menyusul diusirnya Morgan Gibbs-White setelah menerima kartu kuning kedua dan disusul kartu merah karena melakukan pelanggaran terhadap Joao Pedro di menit 83.

Keputusan wasit Robert Jones mendapat protes dari Gibbs-White. Tak hanya itu, manajer Nuno Espirito Santo yang juga melakukan protes terhadap asisten wasit kemudian dikartu merah.

Namun tidak hanya Espirito Santo tetapi juga Hurzeler yang mendapat kartu merah karena terlibat dalam insiden keributan dengan wasit.

Menghadapi lawan yang bermain dengan 10 orang, Brighton gagal memanfaatkan untuk menambah gol. Sampai akhir laga skor tak berubah 2-2.