Lautaro Martinez Cetak Brace, Argentina Juara Grup A Usai Kalahkan Peru

JAKARTA - Argentina memastikan sebagai juara Grup A Copa America 2024 setelah mengalahkan Peru 2-0 di pertandingan terakhir penyisihan grup di Stadion Hard Rock, Miami, Amerika Serikat, Minggu, 30 Juni 2024 pagi WIB. Striker Lautaro Martinez memborong semua gol Argentina.

Argentina yang tidak diperkuat kapten Lionel Messi masih terlalu kuat bagi Peru. Dalam duel yang tidak menentukan bagi Argentina kecuali kemungkinan menjadi juara grup itu, pelatih Lionel Scaloni merotasi pemain.

Striker Lautaro Martinez menjadi ujung tombak yang diharapkan bisa mendobrak pertahanan Peru. Penyerang Inter Milan ini mendapat dukungan dari Angel Di Maria dan Alejandro Garnacho.

Meski melakukan perombakan skuat, namun Albiceleste tetap menunjukkan performa terbaik. Hanya, mereka memang sempat mengalami kesulitan menghadapi pertahanan kokoh Peru.

Namun Argentina akhirnya bisa mengatasi permainan bertahan Peru dan meraih kemenangan dua gol. Kemenangan itu menjadikan Argentina meraih poin sempurna. Mereka memenangi tiga pertandingan dan mengantungi poin sembilan.

Argentina pun tampil sebagai juara grup. Disusul Kanada yang menduduki posisi runner up setelah bermain imbang 0-0 melawan Chile.

Argentina sendiri sudah lolos ke perempat final. Kanada yang mengantungi poin empat turut mendampingi pasukan Scaloni.

Di laga tersebut, Argentina tetap harus bekerja keras menghadapi Peru yang menduduki dasar klasemen.

Serangan mereka selalu menemui kegagalan. Meski ball possession Argentina mencapai 80%, namun mereka tak pernah bisa menyelesaikan setiap peluang yang ada.

Di babak kedua, penampilan Argentina lebih agresif. Serangan mereka langsung membuahkan hasil saat laga baru dua menit. Martinez sukses membobol gawang Peru setelah menyelesaikan assist dari Di Maria.

Gol ini berawal dari serangan yang dibangun Giovani Lo Celso di lini tengah. Dia kemudian memberikan umpan matang kepada Di Maria. Umpan dari Di Maria kemudian dituntaskan Martinez.

Unggu 1-0 menjadikan Argentina bermain lebih agresif Meski demikian, usaha mereka kembali lebih sering menemui kegagalan.

Argentina akhirnya berpeluang memperbesar keunggulan setelah mendapat hadiah penalti di menit 72. Penalti diberikan setelah pemain Peru Jesus Castillo menyentuh bola di area terlarang.

Wasit Cesar Ramos sempat meninjau insiden lewat VAR. Hasilnya Castilo terlihat menyentuh bola.

Hanya, eksekusi Leandro Paredes gagal. Sepakannya mengenai tiang gawang. Upaya Martinez yang menyambut bola rebound juga gagal.

Meski demikian, Martinez kemudian menambah gol menjelang akhir pertandingan. Bola lambung Martinez membawa Argentina unggul 2-0 di menit 86. Skor itu bertahan sampai akhir laga.