Arsenal vs Bournemouth: Laga yang Harus Dimenangkan

JAKARTA - Arsenal melewati dua derbi London dengan hasil memuaskan. Kini, Arsenal membidik laga berikutnya yang harus dimenangkan pula saat menjamu Bournemouth di pertandingan Premier League Inggris di Stadion Emirates, Sabtu, 4 Mei 2024 pukul 18.30 WIB.

Laga Arsenal melawan Bournemouth menjadi pembuka pekan ke-36. Arsenal memiliki modal sangat bagus setelah melewati dua halangan terberat, melawan Chelsea dan Tottenham Hotspur.

Hasilnya memang sempurna. Arsenal menghajar Chelsea lima gol tanpa balas dan kemudian menang 3-2 atas tetangga sebelah, Tottenham, dalam The North London Derby di Stadion Tottenham Hotspur.

Kemenangan itu mengukuhkan posisi The Gunners di puncak klasemen dengan poin 80. Persoalannya, apakah Arsenal bakal merengkuh trofi juara untuk kali pertama setelah penantian selama 20 tahun?

Ini masih menjadi tanda tanya besar karena Arsenal terpaksa bergantung kepada tim lain, Manchester City.

Kekalahan mengejutkan 2-0 dari Wolverhampton Wanderers di Emirates menjadikan Arsenal terpaksa memantau setiap hasil akhir pertandingan yang dilakoni Man City.

Man City yang menduduki peringkat dua hanya terpaut satu poin dengan Arsenal. Namun mereka masih menyimpan satu pertandingan tunda. Ini yang menjadikan Kai Havertz dkk berharap Man City terpeleset.

Arsenal sesungguhnya telah menunjukkan kematangan mental sehingga bisa melalui pekan-pekan kritis seperti saat menghadapi Chelsea dan Tottenham.

Bila kembali menang atas Bournemouth, mereka setidaknya bisa memberi tekanan terhadap The Cityzens yang melakoni laga melawan Wolves beberapa jam kemudian.

"Kami tahu ini pertandingan yang harus dimenangkan. Jelas, pertandingan tidak akan mudah. Tetapi tim sudah siap," kata manajer Mikel Arteta.

Arsenal diunggulkan menang dan tak kesulitan mengatasi The Cherries. Pada pertemuan pertama di kandang lawan, Arsenal menghajar Bournemouth 4-0.

Sedangkan pada duel di musim lalu di Emirates, Arsenal nyaris dipermalukan Bournemouth. Bagaimana tidak, tim tamu sempat unggul dua gol sebelum akhirnya Arsenal menang 3-2.

Bahkan gol penentu kemenangan baru tercipta di detik-detik terakhir lewat Reiss Nelson.

"Ini tentu pertandingan yang berbeda. Yang pasti, kami berusaha menunjukkan performa terbaik. Bila mampu melakukan, kami punya peluang besar memenangkan pertandingan," ucap Arteta

Hanya Bourtnemouth tak bisa diremehkan Arteta. Bahkan mereka bisa menjadi lawan yang tidak tepat waktu bagi Arsenal.

Meski saat ini hanya berada di papan tengah dengan menduduki peringkat 10, namun Bournemouth berhasil memetik kemenangan atas dua laga terakhir.

Tim asuhan Andoni Iraola mengalahkan Wolves 1-0 di laga tandang dan kemudian menaklukkan Brighton and Hove Albion 3-0 di kandang sendiri.

Saat menyambangi Emirates, Iraola pun berambisi menuntaskan dendam kekalahan di pertemuan pertama.

"Pada pertama, mereka dengan mudah mengalahkan kami. Tetapi kini kami sudah lebih kuat. Kami sudah makin berkembang dan siap menunjukkan permainan terbaik kepada mereka," ucap Iraola.

Prakiraan Susunan Pemain

Arsenal (4-3-3): Raya; White, Saliba, Gabriel, Tomiyasu; Partey, Rice, Odegaard; Saka, Havertz, Trossard

Bournemouth (4-2-3-1): Travers; Smith, Senesi, Zabarnyi, Kelly; Billing, Scott; Ouattara, Christie, Kluivert; Solanke