JAKARTA - Menjelang perayaan Hari Raya Idulfitri 2025, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mengintegrasikan teknologi kecerdasan artifisial (artificial intelligence/AI) ke dalam jaringannya.
Setiap tahun, peningkatan mobilitas masyarakat selama Ramadan hingga Lebaran memicu lonjakan lalu lintas data yang signifikan. Integrasi dengan AI ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan komunikasi selama libur Lebaran terlayani dengan optimal.
Untuk memastikan panggilan, pesan, maupun akses internet tetap stabil, Indosat memperkenalkan Unparalleled Network Services Guaranteed, sebuah jaminan jaringan yang dikelola dengan teknologi mutakhir guna memberikan performa terbaik bagi pelanggan.
Dengan bantuan AI, Indosat mampu memprediksi lonjakan trafik, mengoptimalkan kapasitas jaringan, mengurangi downtime, serta mempercepat penyelesaian gangguan.
“AI tidak hanya mendukung kami meningkatkan pengalaman digital pelanggan, tetapi juga menjadi fondasi dalam perjalanan Indosat menuju AI Native TechCo,” kata President Director dan CEO Indosat Vikram Sinha dalam siaran resminya.
Sebagai bagian dari inovasi ini, Indosat juga turut memperkenalkan INFINITE (Intelligent Network for Innovative and Transformational Experience) by Indosat, sebuah sistem operasi jaringan yang diperkuat dengan AI dan cognitive learning.
VOIR éGALEMENT:
Dengan kehadiran INFINITE, pelanggan dapat menikmati komunikasi yang lebih stabil, cepat, dan aman kapan pun dan di mana pun mereka berada.
Vikram juga menesgaskan bahwa di tengah momentum Ramadan dan Lebaran, AI bukan hanya alat untuk meningkatkan konektivitas, tetapi juga kunci bagi Indonesia dalam mempercepat transformasi digital dan membuka peluang baru bagi seluruh lapisan masyarakat.
The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)