Partager:

JAKARTA – Taman Impian Jaya Ancol adalah salah satu taman rekreasi pilihan untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Ada banyak tempat rekreasi di Ancol, salah satunya yang bisa menjadi pilihan adalah Dunia Fantasi alias Dufan.

Di Dufan, banyak wahana permainan yang bisa dinikmati, mulai dari yang fun hingga yang memacu adrenalin. Ada wahana Perang Bintang, Halilintar, Arung Jeram, Niagara-Gara, Alap-Alap, Istana Boneka, dan Ubanga-Banga. Ada juga Kereta Misteri, Bianglala, Kora-kora, Gajah Bledug, Ice Age, Kicir-kicir, Mysterious Island, Tornado, Histeria, dll.

Nah, untuk menikmati aneka wahana yang ada di Dufan, jika Anda datang di akhir pekan atau hari libur nasional tentu akan berbeda jika datang di hari biasa atau weekday. Masing-masing tentu punya kelebihan dan kekurangan. Ini bisa menjadi pertimbangan apakah Anda akan datang bersama keluarga atau teman di akhir pekan atau di hari kerja.

Itu juga yang menjadi pertimbangan tim produksi VOI saat memilih datang ke Dufan Ancol di hari biasa pada Jumat, 14 September. Ada beberapa hal yang perlu dicatat jika datang ke Dufan pada hari kerja.

Lebih lega

Ancol terlihat lebih lega saat weekday atau hari kerja. (Dok VOI)
Ancol terlihat lebih lega saat weekday atau hari kerja. (Dok VOI)

Sebagai lokasi wisata terbesar dan terluas di kota Jakarta, Dufan Ancol masih menjadi pilihan baik warga Jakarta maupun kota-kota sekitar, bahkan dari berbagai provinsi di Indonesia. Beberapa turis mancanegara juga kerap terlihat menikmati fasilitas di tempat ini. Karena itu, saat akhir pekan atau hari libur nasional, jumlah pengunjung meningkat drastis. Sedangkan di hari kerja, situasinya jauh lebih lega.

Tak terlalu banyak antrean

banyak tempat instgramable yang bisa digunakan untuk berfoto.(Dok VOI)
Banyak tempat instgramable yang bisa digunakan untuk berfoto. (Dok VOI)

Karena tidak terlalu ramai, antrean pengunjung yang akan menikmati wahana tidak terlalu panjang dan mengular. Padahal saat di akhir pekan dan apalagi di hari libur nasional, antrean untuk masuk ke wahana terlihat panjang. Waktu antre untuk satu wahana bisa mencapai 30 menit atau lebih.

Bisa lebih banyak wahana yang dimainkan

Wahana Kereta Misteri meski menyeramkan tapi banyak diminati. (Dok VOI)
Wahana Kereta Misteri meski menyeramkan tapi banyak diminati. (Dok VOI)

Karena waktu antre tidak selama saat akhir pekan, wahana yang bisa dijajal menjadi lebih banyak. Bandingkan dengan saat datang ke Dufan pada hari libur, waktu tunggu yang lama membuat banyak waktu dihabiskan untuk mengantre masuk wahana. Kecuali jika memilih tiket fast track Dufan di mana Anda akan mendapat prioritas dalam menikmati wahana, namun ada biaya tambahan yang harus dibayar untuk fasilitas ini.

Biaya lebih murah

Wahana kereta ayun Kora-kora. (dok VOI)
Wahana kereta ayun Kora-kora. (dok VOI)

Seperti kebanyakan lokasi wisata, manajemen Ancol juga menerapkan kebijakan biaya yang lebih murah bagi mereka yang datang di hari kerja. Jadi, dibandingkan dengan datang di hari libur nasional atau akhir pekan, terdapat perbedaan biaya, dan ini bisa menghemat karena biayanya lebih murah.

Jadi sebelum Anda memutuskan untuk berlibur ke Dufan Ancol, pikirkan dulu apakah akan datang di akhir pekan atau hari libur nasional, atau ingin datang saat hari kerja alias weekday. Tentunya, pilihan Anda memiliki konsekuensi masing-masing. Selamat berlibur.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)