Rangkuman Pembelaan Min Hee Jin Lawan HYBE: Merasa Dikhianati, Pergi ke Dukun hingga Jatuhkan aespa
Min Hee Jin (Instagram @min.hee.jin)

Partager:

JAKARTA - CEO ADOR, Min Hee Jin menggelar konferensi pers pada Kamis, 25 April. Ia ingin memberi pernyataan setelah dituding melanggar manajemen HYBE dan melakukan upaya agar label ADOR bisa independen. Min Hee Jin membela dengan menyebut HYBE membuat ILLIT dengan meniru konsep NewJeans.

25 April pagi, HYBE merilis hasil audit manajemen ADOR dan mereka akan mengajukan tuntutan terhadap Min Hee Jin. Pada hari yang sama, Min Hee Jin mengadakan konferensi pers untuk menjelaskan beberapa poin kesepakatan antara dia dengan HYBE.

“Tidak masuk akal ketika saya dibilang ingin mencuri hak manajemen untuk uang. Saya punya pembagian saham, ada banyak yang saya terima, dan tidak bisa diungkap tapi dari seluruh poin yang dinyatakan HYBE adalah palsu dari sudut pandang saya,” kata Min Hee Jin mengutip Joongang Daily.

“Gimana bisa saya mencuri hak manajemen sementara HYBE memiliki 80% saham ADOR? Saya tidak punya niat seperti itu,” katanya.

Dikhianati HYBE

Min Hee Jin membantah tuduhan HYBE soal perebutan hak manajemen. Ia mengaku hanya memiliki 20% saham ADOR dan merasa bingung setelah dilaporkan HYBE terkait pelanggaran kepercayaan.

“Bukan saya yang membalikan badan dari HYBE, tapi HYBE yang mengkhianati saya. Menggunakan saya secara penuh dan sekarang ingin menjatuhkan saya karena saya tidak mendengarkan mereka. Tidak ada yang melakukannya seperti saya selama 30 tahun di K-pop,” kata Min Hee Jin.

“Ketika saya keluar dari SM Entertainment, saya juga diikuti rumor bahwa saya berbalik dari mereka. Saya keluar dari SM Entertainment karena Lee Soo Man (pendiri SM) berpikir saya pintar, sulit tapi saya bekerja keras. Saya bilang ke dia kalau saya ingin buat sesuatu yang baru dan SM Entertainment bukan tempatnya. Dia bertanya apa saya ingin punya label baru, tapi saya tidak mau tempat eksekutif,” lanjutnya.

Min Hee Jin menunjukkan bukti pesannya dengan pendiri HYBE, Bang Si Hyuk. Dua hari setelah keluar dari SM, Bang Si Hyuk menghubunginya dan meminta untuk membangun dunia Min Hee Jin di HYBE. Bang Si Hyuk mengaku tidak percaya diri dengan membuat grup K-pop perempuan, sehingga dia minta bantuan kepada Min Hee Jin.

Bantah Bubarkan GFRIEND

Min Hee Jin melanjutkan, Bang Si Hyuk berkata saat itu ia ingin membuat grup perempuan tapi dia tidak punya banyak trainee perempuan, sehingga mereka memutuskan untuk membeli agensi Source Music. Setelah bergabung dengan HYBE, Source Music membubarkan GFRIEND.

“Mereka punya trainee, jadi kenapa tidak gunakan mereka untuk debut grup baru? Awalnya saya bilang tidak, tapi saya ingin kooperatif karena saya baru pindah ke kantor baru,” kata Min Hee Jin.

“Mendapat investor akan sangat sulit bagi saya sebagai wanita, saya melihat banyak hal kotor. Jadi saya pikir gabung saja ke perusahaan dan dibayar. Bang Si Hyuk ingin mengikuti (konsep) Billie Eilish tapi saya gak yakin, sampai COVID-19 datang. Hal itu jadi sulit. Source Music punya GFRIEND. Membubarkan grup itu tidak ada hubungannya denga saya, ini saya tekankan,” lanjutnya.

Proses Audisi NewJeans

Bang Si Hyuk mulai berfokus membuat grup baru dan minta Min Hee Jin untuk memilih trainee dari Source Music. Namun, Min Hee Jin menyebut hanya Minji satu-satunya trainee yang ia rasa bisa berpotensi untuk debut.

“Saya tidak pernah di Source Music, saya tidak punya teman kerja, saya tidak pergi ke acara kantor, jadi ketika mereka punya trainee di Source Music, maaf, tidak ada satupun di sana kecuali Minji yang saya bisa rekrut. HYBE bilang ke saya untuk membuat Min Hee Jin girl group agar orang-orang penasaran. Saya mulai audisi dan Hanni adalah orang pertama yang kami pilih,” katanya.

“Ada banyak peserta audisi tapi tidak banyak dipilih. Kami memulai motto BTS Girl Group dan mendapat Danielle, Haerin, dan Hyein. Saya punya kontrol karena pekerjaan saya, ada banyak trainee selain member NewJeans tapi saya mendorong mereka karena saya rasa mereka cocok,” kata Min Hee Jin.

Diketahui Minji, Danielle, Hanni, Haerin, dan Hyein debut menjadi member NewJeans.

NewJeans Tunda Debut, Disalip LE SSERAFIM

Min Hee Jin merasa COVID-19 mempersulit kinerja mereka untuk mendebutkan NewJeans, tapi yang semakin mengecewakan adalah HYBE memutuskan untuk mendebutkan LE SSERAFIM setelah merekrut Sakura dan Kim Chaewon. Min Hee Jin mengira NewJeans akan menjadi grup perempuan pertama HYBE, namun rencana itu diubah.

“Ketika Park Ji Won (CEO HYBE) dan So Sung Jin (pendiri Source Music) bilang grup perempuan pertama dari HYBE adalah trainee Source Music bersama Sakura Kim Chaewon, saya berkata kepada mereka. Saya bilang “Kalian gak mikir?” trainee yang datang ke saya itu berpikir grup Min Hee Jin bukan Source Music,” jelas Min Hee Jin.

“Saya tidak tahu mereka rekrut Sakura dan Chaewon, tapi mereka bilang mereka bakal debutin mereka duluan. Saya sampai berkata ke orang tua (member NewJeans) dan mereka juga marah ke HYBE. Terus Park Ji Won bilang kalau saya jangan promosi NewJeans sebelum debut LE SSERAFIM karena dia ingin publik berpikir LE SSERAFIM adalah grupnya Min Hee Jin,” katanya.

Diminta Jatuhkan aespa

Min Hee Jin yang hanya bisa mengikuti kemauan perusahaan, terkejut ketika diminta Bang Si Hyuk untuk menjatuhkan karier aespa. Ia juga menduga Bang Si Hyuk tidak begitu mendukung NewJeans dan mereka tidak pernah berbicara setelah NewJeans debut.

“Bang Si Hyuk bertanya kepada saya “Kamu bisa jatuhin aespa di Desember kan?” tapi itu bukan tujuan saya. Saya pikir dia orang yang baik, tapi saya menyadari dia berbeda. Pas NewJeans merilis Ditto, dia tiba-tiba bertanya apakah saya bahagia. Itu aneh karena hubungan kami mulai berubah,” ujar Min Hee Jin.

Benarkan Pergi ke Dukun

HYBE merilis pernyataan bahwa Min Hee Jin pergi ke dukun untuk membuat keputusan perusahaan. Min Hee Jin membenarkan bahwa ia memang pergi ke dukun karena ia penasaran bagaimana HYBE bisa melanjutkan operasional jika grup sumber terbesar mereka (BTS) pergi ke wajib militer.

“(Dukun) itu teman saya. Memangnya saya tidak boleh punya teman dukun? Saya pikir akan lebih baik jika BTS menjalani wajib militer,” kata Min Hee Jin.

“Apa HYBE benar-benar peduli tentang NewJeans? NewJeans akan merilis sesuatu (teaser) dan mereka ngelakuin ini? Mereka melaporkan soal dukun karena mereka tidak punya sesuatu yang kotor dari temuan perusahaan. Satu-satunya hal yang saya beli untuk karyawan saya adalah makan malam lembur,” katanya.

Kecewa ILLIT Punya Konsep seperti NewJeans

“Setiap label punya ide berbeda, tapi HYBE ingin mengontrol label dan membuatnya mudah. Setiap label harusnya punya keunikan sendiri, seperti ILLIT. Saya tidak menjelekkan mereka, member mereka tidak salah - tapi direksi mereka yang salah. Mereka meniru seluruh formula yang kami punya dengan NewJeans. Mereka (HYBE) seharusnya tidak memiliki sistem multilabel dan membuat seperti SM dan YG saja,” kata Min Hee Jin.

“Ketika seseorang meniru orang lainnya dan berhasil, itu membuat industrinya semakin buruk. Saya gak peduli akan disebut apa, tapi saya lega bicara sekarang,” katanya.

Min Hee Jin melihat ada banyak kesamaan yang dibuat ILLIT meniru NewJeans. Misalnya, NewJeans debut dan mendapat kontrak brand dengan Chanel lalu ILLIT mendapat debut dengan Acne Studios.

NewJeans Dukung Min Hee Jin

Min Hee Jin menyebut para member NewJeans sangat mendukung dan berterima kasih dengannya. Ketika konflik ini mulai muncul, ia mengklaim Hanni langsung menghubunginya, Haerin meneleponnya dan menangis selama 20 menit.

“Haerin berkata dia sangat berterima kasih karena saya membantunya. Dia bilang dia ingin berkata kepada semua orang apa yang terjadi. Orang tua NewJeans juga sangat khawatir. Saya mengirim pesan kepada orang tua mereka dan berkata saya melakukan ini karena NewJeans seperti bayi saya,” kata Min Hee Jin.

Rencana ke Depan

Min Hee Jin menegaskan tidak berniat membawa NewJeans keluar dari ADOR mengingat mereka sedang persiapan konser di Tokyo Dome, Jepang. Ia juga tidak berencana untuk memutus kontrak dengan HYBE. Ia berharap Bang Si Hyuk tidak berusaha merecoki urusan NewJeans dan ADOR.

“Semua yang saya pedulikan adalah NewJeans. Saya tidak punya niat untuk mengambil alih perusahaan. Saya tidak peduli siapa yang memiliki perusahaan. Saya hanya minta mereka untuk tinggalkan urusan kami,” kata Min Hee Jin.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)