Partager:

YOGYAKARTA – Bagi Anda yang tengah berpakansi ke Kota Semarang, jangan lupa untuk mengunjungi kawasan Kota Lama Semarang. Tempat ini adalah kawasan cagar budaya di mana terdapat gedung-gedung tua peninggalan Hindia Belanda yang telah berusia ratusan tahun.

Di masa lalu, Kota Lama Semarang merupakan pusat pemerintahan. Bangunan tua yang ada di kawasan itu, didirikan dengan gaya arsitektur Eropa. Ciri khas dari bangunan tersebut, yakni pintu utama dan jendelanya yang berukuran besar. Selain itu, terdapat pula elemen dekoratif dan langit-langit yang tinggi, dikutip VOI dari laman Visit Jawa Tengah.

Beberapa spot di Kota Lama Semarang yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Gereja Blenduk, Taman Srigunting, Gedung Asuransi Jiwasraya, Gedung Bank Mandiri Mpu Tantular, Rumah Akar samping Gedung Jiwasraya, Gedung Oudetrap, Semarang Art Gallery, De Spiegel, Marba, dan masih banyak lagi lainnya.

Ragam Aktivitas Seru di Kota Lama Semarang

Bagi Anda yang gemar dengan petualangan, Anda bisa mencoba menyusuri sudut-sudut Kota Lama Semarang. Aktivitas tersebut akan terasa sangat mengasyikkan, sebab Anda dapat berjalan kaki dengan nyaman di area pedestrian yang tertata rapi.

Selain itu, Anda juga dapat mengikuti tur reguler yang diselenggarakan oleh komunitas walking tour. Khusus pada malam hari di akhir pekan, Anda bisa menikmati suasana Car Free Night di sepanjang Jalan Letjend Suprapto.

Berikut beberapa aktivitas seru lainnya yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi Kota Lama Semarang: 

  1. Memburu Barang Kuno dan Antik di Pasar Klitikan

Pasar klitikan Semarang adalah sentra penjualan barang antik yang terletak di belakang Gereja Blenduk atau dekat dengan Taman Srigunting Kota Lama.

Di tempat ini, Anda bisa menemukan pernak-pernik jadul, seperti koin lama, setrika arang, mainan tempo dulu, hingga barang-barang antik lainnya.

  1. Nongkrong di Café Sekitar Kota Lama

Berikutnya, Anda bisa bercanda tawa dengan sahabat di café-café yang terletak di kawasan Kota Lama Semarang.

Kawasan ini memiliki banyak café dengan bentuk dan tema yang beragam. Bersenda gurau dengan latar Kota Lama Semarang tentu bakal menjadi cerita yang penuh kenangan.

  1. Berfoto di Rumah Akar

Salah satu spot foto ikonik yang berada di Kota Lama Semarang adalah Rumah Akar. Tempat ini terletak di Jalan Roda 2, Kota Lama Semarang.

Dinamakan sebagai Rumah Akar karena terdapat akar pohon beringin yang menjulang hingga setinggi rumah.

  1. Menyusuri Bangunan Tua di Kota Lama Semarang
Kota Lama Semarang
Kota Lama Semarang (Foto: Dok. Kemenparekraf)

Aktivitas menarik lainnya, yakni mengunjungi bangunan-bangunan bersejarah di kawasan Kota Lama Semarang.

Anda bisa melakukan napak tilas dengan memasuki gedung-gedung bersejarah yang ada di kawasan tersebut. Pastikan untuk meminta izin terlebih dahulu kepada petugas yang berjaga sebelum blusukan ke dalam gedung-gedung.

  1. Gowes Keliling Kota Lama

Terakhir, Anda bisa gowes keliling Kota Lama Semarang. Aktivitas ini bisa menjadi pilihan jika Anda malas berjalan kaki.

Dengan bersepeda, Anda bisa berkeliling ke sudut-sudut Kota Lama dengan cepat dan lebih menyenangkan. Pengunjung bisa melewati gang-gang kecil melihat gedung-gedung tua yang sudah direnovasi atau berbentuk masih asli.

Biaya untuk menyewa sepeda hanya 10 ribu rupiah saja per jam atau 50 ribu rupiah untuk sehari dari jam 11 pagi hingga 6 sore.

Demikian informasi tentang Kota Lama Semarang dan aktivitas seru yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat!


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)