Partager:

JAKARTA - Real Madrid terancam kehilangan Kylian Mbappe yang mengalami cedera saat mengalahkan Deportivo Alaves 3-2 di La Liga Spanyol. Madrid tidak hanya mengalami kesulitan tetapi pemainnya juga mendapat enam kartu kuning. Gara-garanya pelatih Carlo Ancelotti yang sudah melakoni laga ke-300 bersama Madrid ini ternyata tak tahu aturan baru kompetisi domestik.

Madrid harus bekerja keras sebelum memetik kemenangan kelima di kompetisi domestik di Stadion Santiago Bernabeu, Rabu, 25 September 2024 dini hari WIB. Di laga itu, Madrid sesungguhnya diprediksi menang mudah setelah unggul 3-0.

Bahkan mereka mampu mencetak dua gol di babak pertama. Hal yang sulit dilakukan Vinicius Junior dkk di musim ini. Namun, Madrid sepertinya kehilangan fokus setelah unggul tiga gol. Bahkan gawang Thibaut Courtois bisa kemasukan dua gol hanya dalam tempo satu menit.

Alaves mencetak gol pertama lewat Carlos Protesoni di menit 85. Selanjutnya, assist Protesoni dituntaskan Kike Garcia di menit 86. Beruntung, tim tamu tak bisa menambah satu gol lagi sehingga Madrid akhirnya menang 3-2.

"Itulah sepak bola. Kesalahan kecil saja sudah cukup bagi tim rival untuk pulih kepercayaan dirinya. Apalagi kepercayaan diri kami mulai goyah. Saat Anda berpikir pertandingan sudah usai sehingga lengah yang membuat lawan bisa mencetak gol. Itu biasa terjadi dan sudah sering terjadi di sepak bola," kata Ancelotti seperti dikutip Football Espana.

"Kami tentu tak ingin hal itu terjadi. Semua tak ingin hal seperti itu. Tetapi kejadian itu bisa saja muncul meski kami bermain sangat bagus selama 60 menit sebelumnya. Yang penting kami memang harus bermain bagus selama 80 menit dan ini bisa memberi kepercayaan diri yang kuat," ucap pelatih yang sudah melakoni laga ke-300 bersama Madrid saat melawan Alaves.

"Meski demikian, tim sudah menunjukkan perkembangan bagus. Ini tentu sangat bagus dengan pertimbangan tuntutan jadwal laga yang padat. Termasuk pertandingan Minggu [atau Senin dini hari WIB] melawan Atletico Madrid," katanya.

Di laga itu, Madrid kembali dihujani kartu kuning. Bahkan tidak kurang enam pemain mendapat kartu peringatan. Buntutnya, Ancelotti sempat berdebat dengan wasit Alejandro Muniz Ruiz usai pertandingan. Namun Ancelotti ternyata kurang memahami aturan baru di pertandingan La Liga. Ini yang menjadikan pemain mendapat peringatan dari wasit.

"Peraturan sepak bola ada yang berubah. Kami harus membiasakan diri. Kami mendapat empat atau lima kartu kuning karena protes wasit. Kini, kami berusaha menghindari hal itu. Kami harus menyesuaikan diri," kata Ancelotti menjawab pertanyaan media terkait insiden dengan wasit usai pertandingan.

Menyinggung cedera Mbappe, Ancelotti menuturkan bila kondisi pemainnya tetap baik. Dalam pertandingan itu, Mbappe mencetak gol kedua Madrid.

Namun eks bintang Paris Saint-Germain ini kemudian digantikan Arda Guler di menit 80. Mbappe bermasalah di bagian paha sehingga meminta untuk ditarik keluar.

"Tak ada masalah dengan kondisinya. Hanya, dia memang agak kelelahan. Dia meminta untuk diganti demi menghindari cedera. Dia dalam kondisi bagus," ucap Ancelotti.

Kemenangan atas Alaves menjadikan Madrid mengantungi poin 17. Mereka terpaut satu poin dengan Barcelona yang menduduki puncak klasemen. Barca berpeluang menjauh dari Madrid bisa mengalahkan tamunya Getafe dalam laga yang digelar Kamis, 26 September 2024 dini hari WIB.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)