Partager:

JAKARTA - Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting meraih kemenangan mudah saat menghadapi wakil Amerika Serikat Howard Shu di laga pertama fase grup Olimpiade 2024 di Porte De La Chapelle Arena, Perancis, Minggu, 28 Juli 2024.

Ginting sama sekali tak kesulitan saat mengalahkan Shu dua gim langsung, 21-14, 21-8. Tunggal terbaik Indonesia ini menang dalam tempo 34 menit.

Meski menang mudah, namun Ginting sempat mendapat perlawanan ketat pada gim pertama. Baik Ginting maupun lawannya masih saling meraba permainan masing-masing karena ini merupakan pertemuan pertama mereka.

Perebutan poin berjalan ketat dan Shu sempat unggul 6-3 atas Ginting. Namun Ginting akhirnya berhasil unggul pada interval gim pertama 11-8. Selanjutnya, dia tak terbendung dan mempertahankan keunggulan dan menang 21-14.

Di gim kedua, Ginting tampil lebih berani. Meski tertinggal lebih dulu, finalis All England 2024 ini mampu membalikkan keadaan dan menunjukkan dominasnya sebelum menang 11-6. Tak butuh waktu lama, Ginting menuntaskan gim kedua dengan skor 21-8.

Kemenangan itu menjadikan Ginting memimpin klasemen Grup H dan berpeluang lolos ke babak utama. Selanjutnya, dia menghadapi wakil tuan rumah Toma Junior Popov.

"Saya mengucap syukur. Puji Tuhan saya bisa bermain baik. Terus terang pertandingan pertama ini tidak mudah. Ada hal nonteknis yang membuat saya tegang. Tetapi saya bisa mengatasinya," kata Ginting mengutip dari NOC Indonesia.

"Saya sempat kesulitan pada awal pertandingan. Tetapi dengan berjalannya poin, saya mulai lebih rileks, berusaha tetap fokus dan menikmati pertandingan. Di atas kertas, saya mungkin yang diunggulkan. Namun di lapangan, semua bisa terjadi," ucapnya.

Menghadapi laga berikutnya. Ginting menuturkan tidak ada persiapan khusus. Menurut dia yang penting dirinya tetap fokus dan menjaga kondisi fisik.

"Tidak ada persiapan khusus. Tentu saya berdiskusi dengan pelatih mengenai calon lawan berikutnya. Fokus utama saya mempersiapkan diri dengan menjaga fisik, recovery, dan terjaga makanan. Saya berharap bisa kembali bermain dengan baik," kata dia lagi.

Sementara ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari harus menelan kekalahan pahit. Mereka dikalahkan unggulan pertama Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong pada laga kedua fase grup.

Rinov/Pitha sama sekali tak memberi perlawanan. Mereka kalah telak dari Zheng/Huang melalui dua gim langsung, 10-21, 3-21 dalam tempo 24 menit.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)