Sancho Bawa Dortmund ke Final Liga Champions, MU kecipratan Bonus 70 Miliar Rupiah
Pemain sayap Borussia Dortmund Jadon Sancho yang dipinjam dari Manchester United. (X/@BVB)

Partager:

JAKARTA - Manchester United masih untung tipis-tipis saat meminjamkan pemain sayap Jadon Sancho ke Borussia. Dortmund. Setelah Dortmund lolos ke final, MU pun ikut kecipratan bonus 3,5 juta poundsterling atau sekira 70 miliar rupiah.

Sancho kembali ke klub lama setelah bentrok dengan manajer MU Erik ten Hag. Pemain sayap berusia 24 ini juga menolak meminta maaf atas sikapnya yang menentang pernyataan Ten Hag bahwa dirinya tak siap dimainkan.

Sancho membalas Ten Hag lewat media sosial. Dia juga menyebut hanya dijadikan kambing hitam saja. Ten Hag pun menghukum Sancho.

Setelah hanya berlatih dengan tim akademi MU, pemain yang sempat mendapat panggilan tim nasional Inggris ini dipinjamkan ke Dortmund, klub lamanya.

Saat kembali ke Dortmund, Sancho malah kembali melejit. Dirinya sudah mencetak tiga gol dan dua assists selama 18 pertandingan. Bahkan dia mengambil peran penting membawa Die Borussen ke final Liga Champions.

Kontribusi penting Sancho terlihat saat dirinya tampil impresif di laga pertama semifinal melawan Paris Saint Germain di Signal Iduna Park.

Di laga itu, Dortmund menang 1-0. Dortmund melengkapi kemenangan satu gol pula di laga kedua di kandang PSG.

Keberhasian Dortmund melangkah ke final pun berimbas dengan kewajiban yang harus dipenuhi klub Bundesliga Jerman itu kepada MU.

Ya, MU kecipratan bonus sebesar 3,5 juta poundsterling dari Dortmund sebagai bagian dari kesepakatan peminjaman Sancho. Dalam kesepakatan peminjaman, Dortmund membayar bonus kepada MU bila lolos ke final Liga Champions.

Sebelumnya, Dortmund juga menggelontorkan dana 3 juta poundsterling saat meminjam Sancho. Hanya klub Bundesliga itu tak membayar gaji Sancho yang sebesar 300 ribu poundsterling atau 6 miliar rupiah setiap pekan.

Hanya, peminjaman Sancho tidak disertai opsi pembelian. Dortmund harus melakukan negosiasi ulang dengan MU bila ingin mempermanenkan Sancho.

Ini yang menjadikan masa depan Sancho di Dortmund tak menentu. Dirinya dikabarkan menolak kembali ke MU meski Ten Hag tak lagi di Old Trafford.

Sementara, Dortmund mengupayakan mempermanenkan Sancho dengan melakukan pertukaran pemain.

Dortmund siap melepas pemain depan Donyell Malen untuk ditukar dengan Sancho. Hanya saja meski berminat pada Malen, namun MU menolak menukar pemainnya.

Mengenai kemungkinan mempermanenkan Sancho, Direktur Olahraga Dortmund Sebastian Kehl menuturkan belum bisa memberi kepastian. Keputusan baru diambil setelah kompetisi selesai dan klub memasuki musim baru.

"Kita lihat saja nanti. Kami baru akan memutuskannya setelah kompetisi berakhir. Yang jelas dia masih terikat kontrak dengan klubnya. Namun dia tetap disambut di Dortmund. Jadon juga mengenal klub ini dengan sangat baik," ucap Kehl.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)

Nouvelles connexes