Real Madrid Selangkah Lagi Juara La Liga usai Kalahkan Real Sociedad
Gelandang Real Madrid Luka Modric di laga melawan Real Sociedad. (X/@realmadrid)

Partager:

JAKARTA - Real Madrid hanya butuh satu kemenangan lagi untuk menyegel titel La Liga Spanyol. Kemenangan 1-0 atas Real Sociedad di Stadion Reale Arena, Donostia-San Sebastian, Sabtu, 27 April 2024 dini hari WIB, menjadikan Madrid menjauh dari kejaran Barcelona.

Madrid sudah jauh dari jangkauan Barca setelah mendapat tambahan tiga poin di laga tandang.

Mereka selangkah lagi meraih gelar juara liga ke 36 kali sekaligus memperpanjang rekor paling banyak memenangi kompetisi domestik. Barca menjadi terbanyak kedua setelah 27 kali menjadi juara liga.

Kemenangan atas Sociedad menjadikan Madrid mengantungi poin 84. Unggul 14 poin dari Barca yang akan menghadapi Valencia, Selasa, 30 April 2024 dini hari WIB.

Sementara, Sociedad masih tertahan di peringkat enam dengan memiliki poin 51. Di posisi tersebut, mereka masih menjaga peluang berkompetisi di kasta ketiga Eropa dengan tampil di Europa Conference League.

Bagi Madrid, kemenangan itu juga menjadi pemanasan sebelum melakoni big match melawan Bayern Munchen di semifinal Liga Champions. Laga pertama digelar di kandang Bayern di Stadion Allianz Arena, Rabu, 1 Mei 2024 dini hari WIB.

Di laga melawan Sociedad, pelatih Madrid Carlo Ancelotti merombak komposisi pemain saat menang 3-2 atas Barca di El Clasico. Tidak kurang sembilan pemain pilar diistirahatkan.

Bahkan kiper Andriy Lunin pun tidak dimainkan dan digantikan kiper Kepa Arrizabalaga. Selain itu, Ancelotti memberi kesempatan bermain kepada Arda Guler, Joselu dan gelandang veteran Luka Modric.

Sebaliknya, Vinicius Junior, Federico Valverde, Antonio Rudiger baru diturunkan di babak kedua. Pemain sayap Jude Bellingham dan gelandang Toni Kroos malah tidak dimainkan meski duduk di bench.

"Banyak yang mengira kami datang ke sini hanya untuk jalan-jalan saja. Satu-satunya yang tidak berpikir soal itu sudah tentu pemain," kata Ancelotti.

"Mereka tetap berkomitmen dan memiliki sikap jelas. Mereka tetap termotivasi dan sangat ingin memenangkan pertandingan," ucap dia lagi.

Meski demikian, Madrid yang menurunkan tim lapis kedua harus bekerja keras meladeni Sociedad.

Tuan rumah mengambil inisiatif menyerang dan menunjukkan dominasinya di laga yang diiringi turun hujan. Mereka pun mendapat sejumlah peluang yang masih bisa digagalkan kiper Kepa

Sebaliknya, Madrid hanya mendapat satu peluang yang diperoleh Guler dan bahkan berhasil dikonversi menjadi gol.

Gelandang berusia 19 yang baru pertama kali menjadi starter ini mendapat umpan silang dari Dani Carvajal untuk kemudian membobol gawang Sociedad di menit 29.

Tertinggal 1-0 menjadikan Sociedad meningkatkan tekanan. Usaha mereka sempat membuahkan hasil saat bintang tim nasional Jepang Takefusa Kubo.

Hanya berselang tiga menit, mantan pemain binaan Barca di La Masia ini mencetak gol dari jarak dekat.

Sayangnya, gol pemain berusia 22 yang pernah membela Madrid ini dianulir. Wasit yang meninjau insiden lewat VAR menilai ada pelanggaran saat proses terciptanya gol tersebut.

Kegagalan menyamakan skor tak membuat pemain Sociedad menyerah. Mereka tetap bermain ofensif menekan pertahanan Los Merengues.

Di babak kedua, Sociedad sesungguhnya kembali mencetak gol melalui Mikel Merino. Hanya saja, gol ini juga dianulir karena dia dalam posisi offside.

Msdrid sendiri nyaris memperbesar keunggulan menjelang akhir pertandingan. Sepakan Eduardo Camavinga dari jarak dekat secara refleks digagalkan kiper Alex Remiro. Skor 1-0 untuk Madrid bertahan sampai akhir laga.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)