JAKARTA - Perum LKBN ANTARA melalui unit bisnis NEXT merilis laporan survei kepuasan pelanggan terkait kesiapan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dalam menghadapi momen libur Natal-Tahun Baru 2024/2025.
Direktur Komersial, Pengembangan Bisnis dan Teknologi Informasi (TI) Perum LKBN ANTARA Jaka Sugiyanta mengatakan, riset ini dilatarbelakangi oleh tingginya minat masyarakat terhadap kereta api sebagai moda transportasi pilihan di periode natal-tahun baru.
“Momen seperti natal-tahun baru tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para penyedia moda transportasi publik. Oleh karena itu, kami ingin mengukur sejauh mana kepuasan masyarakat terhadap pelayanan KAI di momen natal-tahun baru ini, mengingat KAI adalah salah satu moda transportasi pilihan publik,” ujar Jaka, di Jakarta, Sabtu.
Survei ini mengulas tiga kategori, yakni: Layanan dan Fasilitas di Stasiun, Layanan dan Fasilitas di Kereta, dan Pembelian Tiket.
VOIR éGALEMENT:
Pada kategori Layanan dan Fasilitas di Stasiun, sebanyak 88,5 persen responden menyatakan kebersihan ruang tunggu dan toilet di stasiun masuk dalam kategori baik.
Selain itu, 89 persen responden mengaku petugas yang beroperasi di stasiun dinilai sangat tanggap dalam merespons kebutuhan penumpang.
Jaka melanjutkan, tingginya tingkat kepuasan masyarakat tersebut, karena KAI sudah berbenah untuk beberapa fasilitas di stasiun dan kereta api menjelang libur natal dan tahun baru.
Selain itu, kehadiran pilihan boarding melalui face recognition pun mendapat sambutan baik dari pengguna kereta api.
“Walaupun saat ini mayoritas masih menggunakan boarding manual, namun hampir sebagian besar responden juga telah menggunakan face recognition boarding. Ini menunjukkan masyarakat menyambut positif layanan sistem digitalisasi yang dihadirkan oleh KAI,” kata Jaka.
Terkait pembelian tiket, kata Jaka lagi, lebih dari 90 persen responden mengaku sangat mudah membeli tiket KAI untuk kebutuhan libur natal dan tahun baru.
“Yang cukup mengejutkan, sebanyak 91,5 persen responden menyatakan harga tiket KAI selama masa natal-tahun baru ini cukup terjangkau. Hal ini kembali memperkuat posisi kereta api sebagai moda transportasi unggulan masyarakat di momen libur panjang,” ujar Jaka pula.
Setelah menjawab ketiga kategori tersebut, para responden juga diminta menyimpulkan pelayanan dari KAI secara umum, khususnya di masa libur natal dan tahun baru tahun ini.
Sekitar 88,8 persen responden mengaku puas dengan pelayanan KAI selama libur natal dan tahun baru, dan lebih dari 90 persen responden menyampaikan akan kembali memilih KAI sebagai moda transportasi mereka.
Senada dengan hal tersebut, mayoritas responden juga menilai kinerja KAI sangat baik dalam mengakomodir perjalanan Natal dan Tahun Baru 2024/ 2025 ini.
Jaka menambahkan, meskipun secara menyeluruh respon konsumen KAI sangat positif, terdapat beberapa masukan penting dari responden untuk semakin meningkatkan pengalaman perjalanan penumpang.
“Di antaranya adalah penambahan armada dan waktu keberangkatan kereta, upgrade sistem KAI Access dan KAI Pay, penambahan diskon tiket dan reward, penambahan fasilitas bagi kaum inklusif, dan lain-lain,” ujarnya.
Survei NEXT dilaksanakan pada periode 11-17 Desember 2024 dengan melibatkan 538 responden yang tersebar di 10 stasiun di lima kota, yaitu Jakarta (Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen), Yogyakarta (Stasiun Tugu dan Stasiun Lempuyangan), Bandung (Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong), Semarang (Stasiun Tawang dan Stasiun Poncol), dan Surabaya (Stasiun Pasar Turi dan Stasiun Gubeng).
Adapun profil responden terdiri dari perempuan (65,4 persen) dan laki-laki (34,6 persen), dengan rentang usia 15-29 tahun, 30-44 tahun, 45-59 tahun, dan 60-74 tahun.
The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)