Partager:

JAKARTA - Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul, menegaskan bahwa dirinya tidak akan maju pada Pilgub Jateng 2024, meskipun namanya sering muncul dalam survei sebagai bakal calon gubernur.

“Ya, itulah garis yang saya ambil (tidak maju),” kata Bambang Pacul dalam keteranganya, Kamis 4 Juli.

Bambang Pacul menjelaskan saat ini pihaknya tengah menyiapkan strategi pemenangan bagi sosok yang akan diusung oleh PDIP pada Pilgub Jateng 2024.

"Persiapan lapangan. Siapa pun nanti pasangan calonnya, kami akan kerjakan," ucapnya.

Meski demikian, Bambang Pacul menyebut DPD PDIP Jateng sampai saat ini belum memutuskan sosok yang akan diusung pada Pilgub Jateng 2024. Ia juga menambahkan bahwa pihaknya masih mengecek respons publik di wilayah Jateng terhadap sejumlah nama potensial, seperti mantan Panglima TNI Jenderal Purn Andika Perkasa.

“Sampai hari ini belum ada cek-cek begitu, belum ada, tetapi kita ngalir saja,” ujarnya.

Bambang Pacul menyebut sosok Andika yang dinilai sebagai kompetitor sepadan bagi Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi pada Pilgub Jateng 2024.

“Pak Andika ini bukan berarti mengadu antar-institusi ya. Pak Andika saya kira memberikan rasa aman bagi kawan-kawan kader di Jawa Tengah," ujarnya.

Bambang Pacul mengatakan keputusan akhir untuk menetapkan calon yang akan diusung pada Pilgub Jateng 2024 merupakan kewenangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Yang berkembang di Jateng itulah yang kami laporkan pada pusat. Kalau nanti kemudian pusat, kan haknya di DPP, Bu Ketum nanti. Kalau kemudian sudah diluncurkan pasangan calonnya, ya kami siap," tuturnya.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)