Partager:

YOGYAKARTA – Cara menyimpan gas LPG yang aman harus benar-benar diperhatikan, baik di tempat terbuka maupun saat disimpan di dalam rumah. Penyimpanan harus dilakukan dengan memperhatikan keamanan termasuk meminimalisir risiko saat terjadi kebocoran tabung gas.

Memilih tempat penyimpanan LPG yang keliru dikhawatirkan akan memicu kerusakan yang parah saat terjadi kecelakaan.

Cara Menyimpan Gas LPG yang Aman

Seperti dijelaskan sebelumnya, menyimpan gas LPG baik di luar maupun di dalam ruangan harus dilakukan secara tepat. Berikut ini tata caranya.

  1. Lepaskan Regulator Gas

Hindari menyimpan tabung gas dalam kondisi regulator terpasang. Tak peduli isi atau kosong, regulator tidak boleh tersambung di pipa gas.

  1. Posisi Tabung Harus Berdiri

Saat menyimpan LPG, tabung gas harus dalam posisi tegak berdiri baik isi maupun kosong. Tabung gas yang diletakkan secara terbaring rawan menggelinding.

  1. Jangan Menumpuk Tabung Terlalu Banyak

Menyimpan tabung gas dengan cara ditumpuk boleh saja dilakukan, asal tidak terlalu tinggi atau tidak ditindih dengan bahan yang terlalu berat atau berbahaya.

  1. Perhatikan Kondisi Tabung Gas

Tabung gas yang terbuat dari logam berpotensi berkarat. Jika tak diperhatikan, karat ini akan merusak tabung gas. Oleh karena itu disarankan untuk benar-benar memperhatikan kondisi tabung LGP agar dalam kondisi baik.

  1. Pilih Tempat yang Sejuk

Tidak peduli di dalam atau luar ruangan, sebisa mungkin simpan tabung gas di tempat yang sejuk. Hindari menyimpan di bawah sinar matahari langsung. Jangan memilih tempat seperti belakang kulkas, dekat kompor, atau area dekat sumber panas lainnya.

  1. Jauhkan dari Bahan Mudah Terbakar

Hindari menyimpan tabung gas di dekat bahan yang mudah terbakar seperti rumput kering, plastik, minyak, dan sebagainya. Tempat penyimpanan LPG bisa di area yang keras dan tidak mudah terbakar seperti tembok, tanah, dan sebagainya.

  1. Jauhkan dari Potensi Percikan Api

Jangan menempatkan gas LPG di area yang berpotensi muncul percikan api dikhawatirkan akan memicu kebakaran bahkan ledakan. Percikan api sendiri bisa bersumber dari berbagai kondisi, misalnya karena arus pendek atau benturan besi dengan besi, dan sebagainya.

  1. Harus Terlindung dari Cuaca

Jangan simpan gas LPG dari pengaruh cuaca secara langsung baik hujan maupun cuaca panas. Sebisa mungkin ditempatkan di area yang beratap dengan memperhitungkan kelancaran sirkulasi udara.

  1. Buat Ruang Khusus

Sebisa mungkin untuk menyimpan tabung gas di ruangan khusus, jangan menyimpan di gudang atau ruangan lain dengan beragam aktivitas seperti dapur atau ruang tamu. Hal ini dilakukan agar saat terjadi sesuatu, tidak ada korban jiwa yang terdampak.

  1. Dekatkan dengan Alat Pemadam

Dekatkan gas yang disimpan dengan alat pemadam seperti apar agar saat terjadi sesuatu bisa sigap memadamkan api.

Itulah beberapa cara menyimpan gas LPG yang aman. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)