Arsenal vs Liverpool 2-2: Mikel Arteta Kecewa, Arne Slot Puas

JAKARTA - Arsenal gagal memanfaatkan peluang di kandang saat menjamu Liverpool dalam big match Premier League Inggris di Stadion Emirates, Minggu, 27 Oktober 2024 malam WIB. Manajer Mikel Arteta mengaku kecewa dengan hasil imbang Arsenal. Namun manajer Liverpool Arne Slot merasa puas meski gagal merebut kembali posisi puncak.

Manchester City tidak kalah bahagia dengan hasil imbang dua tim pesaingnya. Man City yang merebut takhta klasemen yang sebelumnya dikuasai Liverpool akhirnya bisa mempertahankan kedudukannya.

Di laga sebelumnya, Man City mengalahkan Southampton 1-0. Kemenangan ini sudah cukup membawa The Cityzens ke puncak. Liverpool sesungguhnya berpeluang merebut kembali takhta klasemen. Namun The Pool hanya mampu bermain imbang saat menyambangi markas Arsenal di London Utara.

Pemain depan Mohamed Salah menyelamatkan Liverpool dari kekalahan tersebut setelah mencetak gol di menit 81. Gol yang menyamakan skor menjadi 2-2 sehingga Liverpool bisa membawa pulang satu poin. Kini, Virgil van Dijk dkk mengantungi poin 22 dari sembilan laga di kompetisi domestik.

Meski terhindar dari kekalahan, namun rekor kemenangan Slot putus sudah. Liverpool juga tertahan di peringkat dua setelah tertinggal satu poin dengan Man City. Sementara, Arsenal yang memiliki poin 18 menempati peringkat tiga. Sama dengan Aston Villa, tetapi The Gunners unggul selisih gol.

Kegagalan meraih poin membuat Arteta kecewa. Menurut dia, Arsenal seharusnya memenangkan laga tersebut. Apalagi, mereka sempat dua kali unggul tetapi Liverpool selalu bisa menyamakan skor.

"Meski demikian saya tetap bangga dengan tim ini, terutama dengan kemampuan mereka melewati masa sulit," kata Arteta merujuk dengan absennya sebagian pemain pilar di big match itu.

"Kami mampu menyesuaikan diri dengan baik dalam kondisi [cedera pemain] seperti ini. Dan, kami harus terus beradaptasi karena ini tim yang hidup. Tim harus bisa melakukannya," ucap dia lagi.

Sementara, Slot mengaku senang dengan hasil imbang itu. Menurut dia tak mudah mengambil poin dari tim kuat seperti Arsenal.

"Kami dua kali ketinggalan gol di laga melawan tim kuat seperti Arsenal dan akhirnya berhasil meraih poin. Ini tentu pencapaian yang memuaskan," kata Slot.

Di laga itu, kedua tim sama-sama memainkan sepak bola ofensif. Ini menjadikan Arsenal dan Liverpool secara bergantian melakukan tekanan terhadap lawan.

Arsenal berhasil memanfaatkan peluang lebih dulu saat Bukayo Saka membobol gawang Caoimhin Kelleher saat laga baru berjalan sembilan menit. Gol berawal dari aksi Saka yang berlari menyambut bola dari bek Ben White. Dia sempat melewati Andy Robertson sebelum menaklukkan Kelleher. Ini merupakan gol ke-50 Saka di Liga Premier.

Hanya keunggulan 1-0 Arsenal tak bertahan lama. Van Dijk yang lolos dari hukuman saat menendang striker Kai Havertz berhasil menyamakan skor di menit 18. Dia menyambut assist dari Luis Diaz.

Setelah imbang 1-1, kedua tim secara bergantian kembali saling serang. Arsenal sesungguhnya lebih banyak mendapat peluang bagus saat sepakan Saka masih membentur tiang gawang. Selanjutnya, Havertz juga gagal mengontrol bola yang diberikan Gabriel Martinelli.

Arsenal akhirnya kembali unggul setelah gelandang Mikel Merino mencetak gol menjelang akhir babak pertama. Sundulannya yang meneruskan tendangan bebas Declan Rice berhasil menggetarkan jala gawang Liverpool.

Gol itu sempat ditinjau VAR untuk waktu yang cukup lama karena ada kemungkinan Merino dalam posisi offside. Namun wasit Anthony Taylor akhirnya menyatakan sah untuk gol tersebut. Skor berubah 2-1 saat Arsenal menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, Liverpool bermain lebih baik. Diaz sempat mengancam pertahanan Arsenal. Namun dia gagal memanfaatkan peluang di menit-menit awal pertandingan.

Liverpool lebih banyak melakukan tekanan ketimbang Arsenal yang hanya mengandalkan serangan balik. Meski demikian, serangan Arsenal berkali-kali membahayakan gawang The Reds.

Saat laga memasuki bagian akhir, Liverpool berhasil memecahkan kebuntuan melalui Salah. Pemain timnas Mesir ini sukses menyelesaikan assist dari Darwin Nunez. Ini menjadikan Salah mengoleksi 163 gol untuk Liverpool sekaligus menyamai torehan gol legenda Liverpool, Robbie Fowler.

Skor berubah menjadi 2-2. Tidak ada lagi gol yang tercipta dan kedua tim mengakhiri laga dengan berbagi poin.