Menang Tipis Lawan Lecce, Napoli Kian Kukuh di Puncak Klasemen

JAKARTA - Napoli harus bekerja keras sebelum menang tipis 1-0 atas tim papan bawah Lecce di pertandingan Serie A Italia di Stadion Diego Armando Maradona, Sabtu, 26 Oktober 2024 malam WIB. Kemenangan itu tetap kian mengukuhkan posisi Napoli di puncak klasemen.

Napoli tak tergoyahkan dan melalui pekan ke-sembilan dengan nyaman. Tidak ada yang bakal menggoyang posisi Napoli di puncak klasemen setelah meraih kemenangan penting atas Lecce.

Ya, kemenangan satu gol Napoli sudah cukup untuk menambah poin menjadi 22. Kini, I Partenopei sudah unggul lima poin dengan juara bertahan Inter Milan yang menduduki peringkat dua.

Inter pun bakal bekerja keras untuk merapatkan jarak poin dengan Napoli. Pasalnya, mereka menghadapi rival bebuyutan Juventus dalam Derby d' Italia di Stadion Giuseppe Meazza, Senin, 27 Oktober 2024 dini hari WIB.

Juve yang saat ini menduduki peringkat tiga bisa menjadi ancaman Inter. Apalagi, Bianconeri yang mengantungi poin 16 bakal menggusur bila membuat kejutan dengan menaklukkan Inter di kandangnya.

Sementara, Lecce kian terpuruk di zona degradasi setelah menelan empat kekalahan berturut-turut. Bahkan di laga terakhir, mereka dibantai Fiorentina 6-0 di kandang sendiri. Kini, Lecce menduduki peringkat 19 atau satu strip di atas penghuni dasar klasemen dengan mengantungi lima poin.

Meski demikian, Lecce ternyata mampu merepotkan Napoli. Apalagi, tim asuhan Antonio Conte tersebut mengalami penurunan produktivitas gol. Pada laga sebelumnya, mereka juga hanya menang 1-0 saat melawan Empoli. Napoli sampai butuh penalti untuk memecah kebuntuan di laga tersebut.

Situasi sama kembali dihadapi Napoli saat menjamu Lecce. Serangan mereka dengan mudah dipatahkan barisan pertahanan tim tamu.

Satu-satunya peluang terbaik yang seharusnya bisa dikonversi menjadi gol diciptakan pemain sayap Cyril Ngonge menjelang akhir babak pertama. Namun usaha Ngonge secara gemilang digagalkan kiper Wladimiro Falcone.

Hanya saja Lecce juga tak bisa diremehkan. Pasukan Luca Gotti ini sempat mengancam gawang Napoli lewat sunduan Federico Baschirotto. Beruntung, peluang dia bisa digagalkan kiper Alex Meret.

Memasuki babak kedua, permainan Napoli masih tak berubah. Meski demikian gaya sepak bola ofensif mereka tetap tak bisa membobol gawang Lecce.

Kesabaran pemain Napoli akhirnya membuahkan hasil d menit 73. Gelandang Scott McTominay yang dibuang Manchester United justru kembali berperan dalam proses terciptanya gol itu.

Kapten timnas Skotlandia ini menyambut bola dari sepak pojok dengan sundulan. Upaya McTominay memang bisa digagalkan Falcone. Kiper juga sukses memblok bola dari Giovanni Di Lorenzo yang menyambar bola rebound.

Bola kembali menjadi liar dan kali ini usaha kedua Di Lorenzo membuahkan hasil saat terjadi kemelut di depan gawang Lecce.

Tertinggal 1-0, Lecce berusaha menyamakan skor. Mereka mencoba bermain menyerang, tetapi upaya tim tamu tak kunjung membuahkan hasil. Hingga akhir laga, skor satu gol untuk Napoli tak berubah.