JAKARTA - Dalam waktu dekat sistem Android 11 bakal keluar. Sistem ini akan membawa sejumlah pembaruan yang cukup signifikan. Termasuk pada sistem keyboard ponsel.

Nantinya ketika pembaruan itu datang, pengguna dapat merasakan fitur baru "Autofill" yang tersedia pada Gboard maupun keyboard dari pengembang pihak ketika. Fitur tersebut berfungsi agar pengguna dapat mengisi data atau mengisi password secara otomatis.

Sebenarnya, fitur ini sudah ada pada Android 9 Pie sebelumnya. Namun kini, lebih terintegrasi dan mudah dioperasikan oleh pengguna.

"Mulai dari Android 11, keyboard dan editor metode masukan (IME) lainnya dapat menampilkan saran Autofill di strip saran atau sesuatu yang serupa, alih-alih sistem yang menampilkannya dalam menu tarik-turun," ungkap pengembang Android seperti dikutip dari Android Police, Rabu 12 Agustus.

Diketahui, strip yang dimaksud ini tampak seperti fitur autocorrect, di mana pengguna cukup menggeser pada keyboard untuk melihat opsi lainnya. Sebagai informasi, opsi pengisian ini dapat berlaku untuk mengisi kata sandi, kartu kredit, maupun alamat rumah.

Kendati otomatis, pengembang Android mengklaim fitur Autofill terbaru ini aman untuk digunakan, "karena saran Autofill ini dapat berisi data pribadi, seperti sandi atau informasi kartu kredit, saran disembunyikan dari IME hingga pengguna memilihnya sendiri.”

Fitur Autofill ini diklaim sangat mirip dengan UI di iOS. Meski tetap sama seperti versi sebelumnya, data pengguna akan tetap terjaga sebelum digunakan.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna sebelumnya harus terlebih dahulu memperbarui keyboard ke versi terbaru. Dan jika ingin mencobanya saat ini, pengguna hanya diperbolehkan menggunakan keyboard pihak ketika karena Google baru meluncurkan versi beta. Sedangkan versi aslinya akan rilis bulan depan berbarengan dengan Android 11.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)