JAKARTA - Laga perpisahan striker Luis Suarez yang tidak sesuai ekspetasi. Uruguay bermain imbang 0-0 melawan Paraguay di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Amerika Selatan di Stadion Centenario, Montevideo, Sabtu, 7 September 2024 pagi WIB.

Hasil mengecewakan bagi Suarez saat melakoni laga terakhir bersama timnas. Ya, penyerang berusia 37 ini berharap membawa Uruguay meraih kemenangan saat menjamu Paraguay. Paling tidak, Suarez ingin menutup karier bersama La Celeste dengan kemenangan.

Namun harapan striker yang sudah malang-melintang di klub-klub elite Eropa, Ajax Amsterdam, Liverpool dan Barcelona serta Atletico Madrid ini tak kesampaian. Dia tak mampu memenuhi ekspetasi membawa Uruguay memenuhi target di kandang sendiri.

Bermain penuh selama 90 menit, Suarez yang kini bermain bersama Lionel Messi di Inter Miami ini gagal mencetak gol. Uruguay pun harus puas dengan hasil imbang saat menjamu Paraguay.

Laga melawan Paraguay menjadi yang ke-143 bagi Suarez di timnas. Dirinya mengakhiri karier yang panjang bersama Uruguay dengan tampil empat kali di Piala Duna dan meraih gelar juara di Copa America 2011. Suarez pun sudah mencetak 69 gol yang menjadikan dia sebagai top scorer Uruguay sepanjang masa.

Sementara, hasil imbang melawan Paraguay menjadikan Uruguay gagal merapatkan jarak poin dengan pimpinan klasemen Argentina. Meski demikian, Uruguay yang memiliki poin 14 tetap menduduki peringkat dua. Mereka masih tertinggal empat poin dari Argentina.

Sementara, Paraguay berhasil memperbaiki peringkat. Dengan mendapatkan poin enam, Paraguay naik ke peringkat tujuh. Poin mereka sama dengan Bolivia, namun Paraguay memiliki selisih gol lebih baik.

Di pertandingan itu, Uruguay sesungguhnya menunjukkan dominasi. Bahkan ball possession Uruguay mencapai 65%. Ini menjadikan Uruguay lebih sering menguasai bola. Hanya serangan mereka selalu kandas menghadapi pertahanan kokoh Paraguay.

Pemain depan Uruguay sampai kehabisan akal karena barisan belakang Paraguay benar-benar bermain tanpa kompromi.

Mereka tidak kurang melakukan 24 pelanggaran sehingga Suarez benar-benar frustrasi karena tak mampu mendekati gawang Paraguay.

Suarez yang dalam kariernya diwarnai kontroversi seperti menggigit telinga bek Italia Giorgio Chiellini di Piala Dunia 2014 yang membuat dia dikenai sanksi larangan bermain ini malah mendapat kartu kuning.

Pelanggaran yang dilakukan Suarez menjadikan dia dikartu kuning di menit 85. Sampai berakhirnya laga, skor tetap tanpa gol.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)