JAKARTA – Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) optimistis bisa mendapat dua medali emas dari nomor speed putra dan putri pada ajang Olimpiade Paris 2024 yang berlangsung 26 Juli sampai 11 Agustus nanti.

Kepala Bidang Luar Negeri FPTI Hendricus Mutter mengatakan target itu dilihat berdasarkan prestasi atlet yang selalu mendapatkan hasil yang baik dan bahkan memecahkan rekor di beberapa pertandingan.

"Target kami meraih dua medali emas di Olimpiade Paris 2024. Untuk atlet kami sudah ada dua yang lolos, yaitu Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rahmad Adi Mulyono," ujar Hendricus dalam keterangan.

Selain optimistis dengan target, FPTI juga masih ingin menambah jumlah atlet mereka ke ajang multi cabang empat tahunan yang paling bergengsi di dunia itu.

Total masih ada dua seri penting kualifikasi yang bisa menambah kuota atlet panjat tebing ke Olimpiade 2024. Kedua seri itu adalah turnamen di Huangpu Riverside, Shanghai, China, pada 16-19 Mei 2024 dan turnamen di Ludovika, Budapest, Hungaria, pada 23 Juni.

"Ke depan masih ada pertandingan untuk seleksi nomor speed dan kami berharap bisa menambah lagi satu putra dan satu putri. Kesempatan itu masih terbuka dan semoga terwujud dalam pertandingan di Shanghai dan Budapest," ujar Hendricus.

Target dua medali emas ini cukup realistis buat Indonesia. Pasalnya, atlet-atlet Indonesia tercatat memiliki keunggulan pada nomor speed.

Panjat tebing nomor speed baru dipertandingkan di Olimpiade pada 2024 ini. Untuk itu, Indonesia bisa mengandalkan cabang olahraga lain untuk membawa pulang medali emas di luar bulu tangkis yang selama ini menjadi tulang punggung.

Di Olimpiade tahun ini Indonesia memiliki target membawa pulang lebih dari dua medali emas untuk pertama kalinya dalam sejarah keikutsertaan.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)