JAKARTA - Manchester City harus bersusah-payah mengalahkan Everton 2-0 di pertandingan Premier League Inggris di Stadion Etihad, Sabtu, 10 Februari 2024 malam WIB. Striker Erling Haaland mencetak brace yang membawa Man City ke puncak klasemen.

Everton gagal keluar dari zona degradasi. Perjuangan keras mereka berakhir saat memasuki menit ke-70. Pertahanan solid yang sempat membuat pemain Man City frustrasi akhirnya tembus.

Haaland sukses membobol gawang Everton. Tidak hanya sekali, tetapi penyerang tim nasional Norwegia ini dua kali menaklukkan kiper Jordan Pickford.

Kekalahan itu menjadikan Everton tak beranjak dari zona degradasi. Tim dari Liverpool ini menduduki peringkat 18 dengan poin 19. Everton masih harus berjuang keras untuk bertahan di Premier League musim depan.

Kontrak dengan Man City yang mencapai target merebut takhta klasemen yang dikuasai Liverpool. Man City bertengger di puncak setelah mengantungi poin 52. Unggul satu poin dengan Liverpool yang turun ke posisi dua.

Namun bisa saja Man City hanya beberapa jam saja duduk di takhta. Bila Liverpool mengalahkan Burnley, mereka akan kembali merebut posisi puncak.

Dalam duel itu, Man City memang dipaksa bekerja keras. Mereka sepenuhnya menguasai permainan.

Bahkan ball possession pasukan Pep Guardiola mencapai 75%. Ini berarti aliran bola lebih banyak berada di kaki pemain Man City. Serangan pun lebih mengarah pada pertahanan The Toffees.

Hanya saja, upaya pemain The Cityzens tak kunjung membuahkan hasil. Bek Jarrad Branthwaite dengan komposisi kuartet di belakang harus bekerja keras membendung serangan Haaland dkk. Gelandang bertahan Idrissa Gana Gueye pun turut membantu membentengi pertahanan tim tamu.

Usaha mereka cukup membuahkan hasil di babak pertama. Man City dipaksa imbang tanpa gol sampai turun minum.

Di babak kedua, Man City tak menurunkan tempo permainan. Mereka tetap bermain agresif dan menekan pertahanan lawan. Lagi-lagi usaha tuan rumah tak memberi hasil.

Meski demikian kesabaran pemain Man City akhirnya terbayarkan di menit 71. Haaladnd memecah kebuntuan setelah memanfaatkan bola rebound.

Ini berawal dari sepakan Nathan Ake yang masih bisa diblok. Namun bola menjadi liar yang kemudan disambut Haaland. Sepakannya pun menaklukkan Pickford.

Unggul 1-0 membuat pemain Man City kian bersemangat. Kali ini, mereka tak butuh waktu lama untuk menambah gol. Haaland berhasil membuat brace di menit 85. Dirinya mencetak gol kedua setelah menyelesaikan assist dari Kevin De Bruyne.

Pemain Man City mulai lebih rileks setelah unggul dua gol. Hanya, tidak ada lagi gol yang tercipta dan skor 2-0 untuk Man City bertahan sampai akhir laga.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)