BANDA ACEH - Ratusan prajurit TNI dari Kodim 0101/KBA Kodam Iskandar Muda bersama personel Polri, unsur pemerintah daerah, masyarakat, dan mahasiswa membersihkan sungai di Kota Banda Aceh guna menyemarakkan HUT ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Karya bakti prajurit TNI membersihkan sungai tersebut dipusatkan di Krueng Ateuk Jawo, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Sabtu.

Pembersihan tersebut dilakukan untuk menormalisasi aliran sungai, karena sebagian dari sungai tersebut dipenuhi tanaman eceng gondok dan sampah rumah tangga.

Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) Iskandar Muda Mayjen TNI Niko Fahrizal mengatakan karya bakti pembersihan sungai ini dilakukan serentak di seluruh Provinsi Aceh.

"Untuk tingkat provinsi dipusatkan di Krueng Ateuk Jawo, Kota Banda Aceh. Pembersihan sungai ini melibatkan 439 prajurit TNI, personel Polri, unsur pemerintah daerah, serta komponen masyarakat dan mahasiswa," katanya.

Jenderal TNI bintang dua itu menyebutkan karya bakti itu selain untuk kebersihan lingkungan, juga merupakan upaya mengajak masyarakat membudayakan gotong royong.

"Pembersihan sungai dari sampah ini juga untuk menormalisasi aliran air, sehingga tidak banjir saat musim penghujan. Selain itu juga membudayakan hidup bersih di masyarakat dengan tidak membuang sampah di sungai," kata Niko Fahrizal.

Pangdam Iskandar Muda menambahkan, selain di Krueng Ateuk Jawo, karya bakti pembersihan sampah di sungai juga dilakukan di kawasan Blangbintang, Kabupaten Aceh Besar.

"Selain sungai, prajurit TNI juga membersihkan kompleks Masjid Raya Baiturrahman di Kota Banda Aceh. Karya bakti di masjid tersebut melibatkan 167 prajurit TNI dibantu berbagai komponen masyarakat," kata Niko Fahrizal.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)