JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka berada di zona hijau pada perdagangan Kamis 6 Agustus. IHSG dibuka menguat 0,35 persen atau 17,86 poin ke level 5.144,91.

Membuka perdagangan, 56 saham menguat, 17 saham melemah, dan 17 saham stagnan. Volume perdagangan tercatat 29,64 juta lembar saham dan ditransaksikan senilai Rp12,99 miliar.

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama memprediksi IHSG hari ini bakal terus melaju di zona hijau. "Pergerakan IHSG berpeluang menuju ke resistance terdekat," katanya.

Berdasarkan analisis teknikalnya, pada level resistance IHSG akan berada di 5.172 hingga 5.233. Sementara, area support, indeks berada pada level 5.097 hingga 4.975.

Adapun sejumlah saham yang dia rekomendasikan untuk dicermati investor pada perdagangan hari ini, di antaranya saham sektor konstruksi dan pertambangan seperti PT Waskita Karya Tbk (WSKT), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI).

Pendapat yang sama disampaikan analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi. Menurutnya, IHSG hari ini akan kembali bertahan di zona hijau.

"Kami perkirakan secara teknikal IHSG akan bergerak bertahan pada zona positif dengan support dan resistance 5.088-5.240," kata Lanjar.

Saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal menurutnya di antaranya PT PP Tbk (PTPP), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Adaro Enegy Tbk (ADRO), dan PT Jasa Marga Tbk (JSMR).


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)