JAKARTA - Dalam rangka memperingati 75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, pemerintah merilis 4 seri prangko terbaru yang terdapat berbagai tokoh penting. Tidak hanya dari sisi politik, beberapa musisi kenamaan berkesempatan diabadikan dalam prangko tersebut.

Dilansir dari Antara, perilisan ini dihadiri sejumlah figur salah satunya Wakil Presiden Indonesia 2020, Ma’ruf Amin. “Prangko membuktikan bukan hanya sebagai alat bayar pengiriman pos, tapi, juga media visualisasi nilai keberagaman masyarakat, bahkan kedaulatan suatu negara.”

Prangko adalah sebuah memorabilia sejarah panjang kehidupan berbangsa. Seiring bertambahnya figur penting, prangko juga menjadi wujud apresiasi.

Beberapa grup musik dan artis dalam koleksi prangko disebut karena seniman ini berjasa dalam mengembangkan industri musik Indonesia. Mereka adalah Chrisye, Titiek Puspa, Gesang, Gombloh, Koes Plus, Panbers, Bimbo, dan God Bless.

Siapa yang tidak tahu para musisi di atas? Berkarier lebih dari 20 tahun dalam belantika musik Indonesia menjadikan mereka sebagai sosok yang dikagumi dan digemari oleh masyarakat Indonesia.

Salah satu fotografer Firdaus Fadlil mengutarakan kegembiraannya atas apresiasi pemerintah kepada musisi Indonesia.

“Sebuah kebanggaan tersendiri akan sejarah karya fotografi dari karya fotografer yang dihargai oleh Pemerintah,” katanya dikutip dari unggahan Facebooknya. Ia diketahui sebagai orang yang memotret Chrisye. Proses perjanjian itu telah diselesaikan pada Februari lalu.

Sebelumnya, ada penyanyi Agnez MO yang menjadi ambassador Pos Indonesia pada September 2015. Ia mengaku bangga karena setelah menjadi ambassador itu, wajahnya terpampang nyata dalam bentuk prangko.

Dengan adanya musisi yang diabadikan dalam prangko, semoga hal ini tidak menghentikan Pemerintah untuk terus mengapresiasi seniman Indonesia.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)