Cak Imin Baiat 68 Kader PKB yang Jadi Anggota DPR Periode 2024-2029

JAKARTA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)  Muhaimin Iskandar atau Cak Imin membaiat atau pengambilan sumpah para kadernya yang terpilih sebagai anggota DPR periode 2024-2029.

Proses baiat dilakukan terhadap 68 orang di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, pada Senin, 30 September, malam.

"Jadi di kalangan NU, sumpah janji atau baiat itu membuat kontak agar Allah merasa nyaman, merasa menjadi bagian dari perjuangan kita," ujar Muhaimin dalam pidatonya.

Pengambilan sumpah ini, kata Cak Imin, merupakan tradisi PKB sekaligus ajang para kader untuk menunjukkan kesungguhannya dalam bertugas sebagai anggota legislatif di DPR.

Sehingga, mereka akan terus meningkatkan kapasitas dalam menjalankan amanah sebagai wakil rakyat.

"Jadi di kalangan NU, sumpah janji atau Bai at itu membuat kontrak agar Allah merasa nyaman merasa menjadi bagian dari perjuangan kita," sebutnya.

"Sekaligus sumpah janji ini menjadi komitmen kita untuk bersungguh-sungguh di dalam melaksanakan tugas, bersungguh-sungguh di dalam menjalankan amanah," sambung Cak Imim.

Pembacaan sumpah ini dilakukan dalam aula DPP PKB dengan kondisi seluruh penerangan mati. Para kader memegang lilin sepanjang momen pembacaan baiat tersebut.

Salah satu poin sumpah atau baiat itu yakni setia kepda Pancasila sebagai dasar negara.

"Saya anggota Fraksi PKB DPR RI, dengan berbaiat, bersumpah, dan berjanji. Satu setia kepada Pancasila sebagai dasar negara dan teguh menjaga NKRI dalam setiap langkah dan kebijakan," kata Muhaimin.