Pengamat Medsos: Akun Kaskus Fufufafa Sulit Dibuktikan Milik Gibran

JAKARTA – Belakangan ini, akun Kaskus bernama Fufufafa menjadi bahan pembicaraan di platform X dan media sosial lainnya. Banyak yang percaya bahwa akun ini milik Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Dugaan ini muncul setelah beberapa pengguna X menemukan bukti yang menunjukkan bahwa akun tersebut milik Gibran, salah satunya dari akun kiqi01. Akun tersebut memperlihatkan komentar Fufufafa saat ada thread yang membahas soal anak Jokowi.

Thread yang terlihat di Kaskus berjudul Andi Arief: Jokowi ‘Sembunyikan’ Anak Pertamanya. Akun Fufufafa tampak tidak terima dengan thread tersebut hingga membuat balasan, "Sini lo nji**. Gw gak ngumpet. Sini gw ladenin."

Temuan lainnya yang membuat warganet semakin percaya adalah akun media sosial yang dipromosikan Fufufafa. Sekitar tahun 2013, Fufufafa membuat postingan, "Prime ID: Raka Gnarly (lupa password, gak bisa log in). Nama: Raka. Twitter: @rkgbrn."

Setelah didalami oleh warganet, akun resmi Kaesang Pangarep sempat me-mention akun rkgbrn untuk mengucapkan selamat ulang tahun pada tahun 2011. Adik Gibran itu juga menyebutkan kata 'Mas' yang semakin memperjelas dugaan akun Fufufafa milik Gibran.

Meskipun berbagai bukti terus ditemukan, Pengamat Media Sosial Eddy Yansen mengatakan bahwa temuan masyarakat tidak bisa membuktikan bahwa akun Fufufafa adalah milik Gibran. Pasalnya, akun Kasus bisa didaftarkan dengan nama siapa pun.

"Sangatlah sulit untuk membuktikan sebuah akun anonymous di internet, dikaitkan dengan pemiliknya. Kecuali pemiliknya (Gibran) mengakui," kata Eddy saat ditanya oleh VOI. "Terutama seseorang bisa mendaftarkan akun kaskus dengan nama siapa pun."

Eddy meyakini bahwa dugaan yang beredar di media sosial tidak benar karena rantai pembuktiannya terlalu panjang. Menurut Eddy, akun Kaskus Fufufafa tidak bisa dibuktikan hanya dengan mengecek nomor ponsel, melakukan forgot password pada akun, hingga alamat email chillipari@gmail.com yang tertaut.

"Lebih baik masyarakat tidak mudah mempercayai video-video dan bahasan-bahasan di internet begitu saja. (selama) enggak ada verifikasi identitas, maka mau nama user-nya dikaitkan dengan Gibran atau munculnya nama-nama siapa pun, semestinya kita tidak meyakininya."

Sebelum Eddy menyampaikan tanggapannya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi membantah bahwa akun Fufufafa milik Gibran. Budi pun mengatakan bahwa pihaknya sedang mencari pemilik akun tersebut.

Pejabat Kominfo itu menjelaskan bahwa tim internal sedang melakukan pengecekan terhadap akun tersebut. Jika pemilik akun yang asli sudah ditemukan, Budi atau pihak dari Kominfo akan mengungkapkan pemilik akun yang asli ke publik.

Mengenai klaim ini, Eddy percaya bahwa Kominfo juga tidak memiliki cara untuk mencari tahu atau bahkan melacak pemilik asli akunnya. Hanya ada satu cara untuk mengetahui siapa pemilik akun Fufufafa, yaitu dengan pengakuan resmi dari pemilik akunnya.

"Untuk ini (pelacakan pemilik akun Fufufafa), saya yakin Kominfo tidak punya cara juga karena Kaskus tidak melakukan verifikasi identitas pengguna saat mendaftar. Maka itu, artinya 100 persen no tech traceable," jelas Eddy.