Megawati Ingin Borong Karya Seni Butet Kartaredjasa Usai Hadiri Pameran ‘Melik Nggendong Lali’

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri ingin memborong karya seni yang dihasilkan seniman asal Yogyakarta, Butet Kertaradjasa. Niatan itu disampaikan setelah menghadiri pameran tunggal bertajuk ‘Melik Nggendong Lali’ pada hari ini, Senin, 13 Mei.

“Nah menurut saya, kalau bisa dan boleh sama beliau (Butet Kertaradjasa, red) saya borong semua tapi duitnya cukup apa enggak kan gitu,” kata Megawati sambil tersenyum kepada wartawan di Galeri Nasional, Jakarta Pusat.

Megawati bilang dia punya keinginan untuk memasang karya seni milik Butet di kantornya. “(Di, red) (kantor, red) DPP supaya nanti kalau ketemu anak-anak PDIP akan saya ceritakan maksudnya, apa keinginan beliau dalam mengekspresikan kemarahan,” ujar Presiden ke-5 RI itu.

“Ini kan lembut banget enggak teriak-teriak,” sambung Megawati.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Megawati memang sempat berkeliling dan melihat karya seni yang dihasilkan Butet. Ia tampak antusias saat mendengar seniman itu menjelaskan lukisan maupun seni kriya di hadapannya.

Usai berkeliling Megawati hanya tersenyum saat disinggung soal karya favoritnya. Dia bilang ada beberapa yang menjadi kesukaannya.

“Jadi itu kalau ditanya favorit saya yang mana itu banyak banget,” ungkapnya.

Sementara itu, Butet mengaku perlu empat tahun untuk mempersiapkan karya seni yang dipamerkannya. Ia menyebut dirinya beruntung karena pamerannya dihadiri Megawati.

“Tidak semua seniman itu bernasib baik seperti saya, saat berimpresikan saat ini bisa dikunjungi oleh seorang presiden, presiden kelima,” ungkap Butet.

“Ini merupakan sebuah kemewahan dan kehormatan, saya merasa ini apresiasi atas yang saya kerjakan dan tidak sia-sia yang saya kerjakan,” pungkasnya.