Indonesia U-23 Cetak Sejarah Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23 2024

JAKARTA - Indonesia U-23 memastikan tiket ke perempat final Piala Asia U-23 2024.

Kelolosan Garuda Muda dari fase grup didapat setelah menumbangkan Yordania U-23 2024 dengan skor telak 4-1.

Marselino dan kolega mengakhiri perjalanan Grup A Piala Asia U-23 2024 di peringkat kedua dengan raihan enam poin dari tiga laga.

Mereka menemani Qatar U-23 yang merupakan pemuncak klasemen Grup A dengan koleksi tujuh poin.

Pencapaian itu merupakan sejarah bagi Indonesia U-23. Sebelumnya, Garuda Muda bahkan belum pernah tampil di Piala Asia U-23 sejak pertama kali bergulir pada 2013.

Artinya, debut mereka di Piala Asia U-23 edisi keenam ini langsung bisa melangkah hingga babak gugur.

Menurut Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, torehan apik tersebut tak lepas dari pembangunan mentalitas kuat dan pemilihan straegi tepat dari Shin Tae-yong buat anak asuhnya.

Sebagaimana diketahui, mental pemain sempat jatuh selepas kalah kontroversial melawan tuan rumah Qatar U-23 (0-2).

Meski demikian, laga melawan Qatar U-23 sudah memperlihatkan daya juang tim yang kala itu bermain dengan sembilan pemain.

Garuda Muda kemudian bangkit di dua pertandingan grup dengan mengalahkan Australia U-23 (1-0) dan Yordania U-23 (4-1).

"Saya nilai grafik permainan dan mental para pemain terus naik sejak kalah dari Qatar. Meskipun kita main luar biasa saat itu dengan sembilan pemain. Mereka tidak menyerah saat mendapat tekanan."

"Saya salut atas strategi pelatih Shin Tae-yong yang mampu meramu sehingga permainan tim benar-benar baik. Ini bagus dan modal utama karena perjuangan masih panjang. Doakan dan terus dukung Timnas Indonesia U-23," ungkap Erick.

Indonesia U-23 sudah membuktikan diri mereka mampu mencapai target yang dibebankan PSSI dengan lolos ke babak gugur atau perempat final.

Kini, Witan Sulaeman dan rekan-rekan menatap target anyar, yaitu tiket Olimpiade Paris 2024.

"Ini bukti, kita bisa. Saya harap nyali ini terus naik di babak berikutnya karena lawan semakin kuat. Ini jadi motivasi untuk target berikutnya, lolos Olimpiade (Paris 2024). Semoga," tutur Erick.

Garuda Muda mesti meraih peringkat ketiga untuk lolos otomatis ke Paris. Andaikan mereka ada di peringkat keempat alias cuma mencapai semifinal, Indonesia U-23 masih punya kesempatan tampil di Olimpiade Paris 2024.

Syaratnya, pasukan Shin Tae-yong harus berebut satu tiket Olimpiade Paris 2024 sisa melalui jalur playoff melawan dari Piala Afrika U-23.

Mental Indonesia U-23 kembali mendapat ujian berat untuk mencapai semifinal. Mereka akan dihadapkan lawan tangguh antara Jepang dan Korea Selatan di perempat final.