75 Kepala Daerah Diumumkan, Megawati Soekarnoputri Akan Berikan Arahan

JAKARTA - PDI Perjuangan akan kembali mengumumkan kandidat yang akan diusung di Pilkada 2020. Pengumuman ini adalah gelombang ketiga setelah pengumuman pertama 19 Februari dan 17 Juli 2020. Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPP bidang politik Puan Maharani mengumumkan langsung. 

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pengumuman calon kepala daerah gelombang III ini merupakan bagian dari komitmen partai dalam menyiapkan calon pemimpin terbaik untuk rakyat dalam pilkada serentak 2020.

"Ibu Megawati Soekarnoputri akan memberikan arahan berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab pemimpin. Sementara Mbak Puan akan membacakan rekomendasi pasangan calon tersebut," kata Hasto kepada wartawan, Selasa, 11 Agustus.

Pembacaan dan rekomendasi ini akan dilakukan melalui teleconference demi mencegah terjadinya penyebaran COVID-19. Nantinya ada 75 pasangan calon kepala daerah kabupaten/kota yang akan diumumkan.

Lebih lanjut, saat membuka acara, Hasto mengatakan ada alasan mengapa hanya 75 calon kepala daerah yang diumkan saat ini.

"75 pasangan calon yang menunjukan 75 tahun Kemerdekaan Indonesia," ungkapnya.

Selanjutnya, Hasto mengatakan masih ada sejumlah calon kepala daerah yang rekomendasinya akan dibacakan pada gelombang selanjutnya.

"Yang keempat nanti tentu saja seluruh calon gubernur dan wakil gubernur bersama dengan beberapa daerah seperti Kota Surabaya dan seluruh calon dari Provinsi Bali akan diumumkan sebagai puncak pengumuman pasangan calon tersebut," jelasnya.

Pasangan calon akan mengikuti pengumuman dari kantor DPC maupun DPD di wilayahnya masing-masing. Sementara DPP PDIP akan memimpin dari kantor pusatnya di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.