Kabar Gembira dari KCIC, Pembangunan 13 Terowongan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Selesai Akhir Tahun Ini
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menargetkan seluruh tunnel atau terowongan akan selesai pada akhir tahun ini. Direktur Manajemen Proyek Kereta Cepat, Allan Tandiono mengatakan saat ini sudah delapan dari 13 terowongan yang selesai pembangunannya.

"Kabar baik Bapak Presiden, dua hari lalu tunnel 11 sudah tembus, jadi per minggu ini sudah 8 terowongan yang tembus dan targetnya di akhir tahun semua terowongan selesai. Jadi target menuju masa operasi di akhir tahun depan," katanya saat mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Selasa, 18 Mei.

Allan mengatakan tunnel 1 Halim Kereta Cepat Jakarta Bandung sepanjang 1.885 meter atau 1,8 kilometer (km) yang berlokasi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 5+500 menjadi pertama yang diresmikan. Terowongan ini juga menjadi satu-satunya terowongan yang menggunakan tunnel boring machine (TBM) sama seperti di MRT Jakarta.

Lebih lanjut, Allan berujar yang membedakan TBM di MRT Jakarta dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung adalah size atau ukurannya. Dalam proyek ini, size yang digunakan adalah 13,19 meter dan terbesar yang pernah beroperasi di Indonesia. Bahkan, sudah terbukti, dan diberikan sertifikat oleh MURI.

"Ini (berada) 25 meter dari bawah dan terowongan ini meng-crossing Tol Jakarta-Cikampek dengan demikian menggunakan TBM untuk menjaga tanah tidak bergerak di atas seperti MRT Jakarta, karena jalan tol tidak boleh terganggu," tuturnya.

Kata Allan, timeline waktu pengerjaan untuk pembangunan tunnel yang panjangnya 1,8 km ini memakan waktu selama 14 bulan dimulai dari Oktober 2019 sampai Desember 2020. Selanjutnya, pihaknya akan melakukan finishing untuk pembukaan atau launching.

"Nanti ditutup sama seperti MRT. Yang patung pemuda ditopang, setelah jadi ditutup. Nanti ini juga akan ditutup rapi. Sampai akhir tahun itu yang akan kami kejar. Juga akan dipasang drainase dan pemasangan kabel untuk sistem persinyalan dan lain-lain. Untuk sistem fasilitas operasi kereta api," jelasnya.

Sekadar informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi lokasi proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung yang berada di dalam Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada hari ini Selasa 18 Mei.

Dalam kunjungannya Jokowi didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Selain itu juga turut mendampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi, dan Duta Besar RRT untuk Indonesia Xiao Qian.

Titik pertama yang dikunjungi adalah Casting Yard #1 yang tepatnya berada di Kelurahan Wangunharja, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

Kemudian, Jokowi juga meninjau lokasi Tunnel #1 kereta cepat Jakarta-Bandung yang berlokasi di Km 5+500 Tol Jakarta-Cikampek, Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi. Adapun terowongan yang memuat dua lintasan kereta cepat tersebut memiliki panjang 1,8 kilometer dan melintas di bawah tol Jakarta-Cikampek.