Bagikan:

JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyambut baik peluncuran Golden Visa Indonesia pada hari ini. Ketua Umum Apindo Shinta Widjaja Kamdani mengatakan, pihaknya sangat mendukung adanya Golden Visa tersebut.

"Kami sangat mendukung adanya Golden Visa ini. Ini yang kami tunggu-tunggu dan saya rasa investor asing juga mengambil ini sebagai suatu kesempatan," ujar Shinta saat ditemui wartawan di Ritz Carlton Hotel, Jakarta, Kamis, 25 Juli.

Shinta mengaku bahwa pihaknya sudah melihat adanya Golden Visa di sejumlah negara dan itu sangat menguntungkan. Sebab, bisa menarik investasi masuk lebih banyak.

"Kami sudah lihat juga di beberapa negara yang ada, ini juga sangat membantu dari segi investasi di negara tersebut. Jadi, kami sangat mendukung adanya Golden Visa ini," katanya.

Saat ditanyai lebih lanjut sektor apa saja yang berpeluang mendapatkan investasi lebih banyak, Shinta menjawab semuanya memiliki kesempatan yang sangat terbuka.

Namun, menurut dia, kebanyakan warga negara asing (WNA) yang menerima Golden Visa biasanya merupakan investor di sektor properti.

"Saya bilang sih sektornya terbuka, ya. Karena investasi perusahaan itu, kan, bisa sektor apa saja. Tapi, yang jelas mereka juga bisa sekalian berinvestasi untuk properti, real estate. Kebanyakan Golden Visa diambil dari sisi itu juga, tetapi sebenarnya perusahaan di berbagai sektor bisa mengambil kesempatan ini," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meluncurkan Golden Visa. Golden Visa menjadi visa khusus yang bakal diberikan kepada investor asing dengan investasi besar untuk tinggal lebih lama di Indonesia.

Jokowi mengatakan, pemerintah ingin memberikan kemudahan bagi WNA untuk berinvestasi dan berkarya di Indonesia. Tentunya, warga negara asing yang diincar adalah warga-warga berkualitas, mulai dari pesohor, investor dan lain-lain.

"Kami akan luncurkan Golden Visa untuk beri kemudahan kepada WNA berinvestasi dan berkarya di Indonesia serta menarik lebih banyak good quality travellers," ujar Jokowi ketika meluncurkan Golden Visa di Ritz Carlton Hotel, Jakarta, Kamis, 25 Juli.

"Saya undang warga dunia untuk datang berinvestasi dan berkarya di Indonesia," sambungnya.