Bagikan:

JAKARTA - Konsep berkelanjutan adalah yang dipilih dan akan direalisasikan pemerintah di Ibu Kota Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Untuk konsep ini, Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Donny Arsal menyatakan bahwa pihaknya siap untuk memenuhi kebutuhan konsepnya.

"Kesuksesan IKN menjadi kota berkelanjutan akan menjadi percontohan bagi wilayah-wilayah lain di Indonesia untuk juga melaksanakan pembangunan yang ramah lingkungan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jakarta, dikutip dari ANTARA, Sabtu, 15 Juni.

SIG bersama PT Bina Karya (Persero) baru saja menginisiasi solusi bahan bangunan, termasuk produk berbahan dasar semen, green cement, hingga produk turunan semen dan bahan bangunan yang akan digunakan untuk mendukung proyek pembangunan IKN sampai dengan tahun 2045.

Selain memasok green cement dan solusi berkelanjutan lainnya, lanjut dia, sinergi tersebut juga ditargetkan meningkatkan utilisasi kapasitas dan sumber-sumber daya yang ada untuk mendukung manajemen rantai pasok sesuai kebutuhan pembangunan IKN.

“Kondisi oversupply yang menjadi tantangan industri semen tidak semata-mata menjadi tekanan, melainkan juga peluang. SIG pun memiliki strategi dan langkah-langkah nyata perusahaan untuk menangkap dan menciptakan peluang pertumbuhan melalui strategi pengelolaan pasar dan harga, diversifikasi produk, optimasi jaringan produksi dan distribusi, penerapan prinsip-prinsip keberlanjutan, serta membangun sinergi dan kemitraan strategis untuk membangun ekosistem bisnis yang berkelanjutan,” ungkap Donny.

Hingga 2045, proyek IKN juga diharapkan dapat menjadi pendorong pertumbuhan penyerapan kapasitas industri dengan berbagai kebutuhan bahan bangunan seperti semen, beton, agregat dan pasir.

Dia mengungkapkan bahwa SIG memiliki keunggulan jaringan produksi dan distribusi yang ekstensif, serta diversifikasi produk rendah karbon guna memenuhi berbagai kebutuhan pembangunan di berbagai wilayah Indonesia.

Secara khusus, SIG dinyatakan memiliki solusi mengatasi kondisi tanah lunak agar lebih efisien dalam penggunaan semen melalui stabilisasi tanah (soil stabilization) yang merupakan salah satu realisasi kerja sama dengan Taiheiyo Cement Corporation (TCC) untuk pengembangan solusi berkelanjutan.

Sinergi itu ditargetkan menjadi awal dari pembentukan ekosistem bisnis untuk memastikan terwujudnya pembangunan berkelanjutan di Indonesia, serta channeling kapasitas produksi di tengah kondisi oversupply industri semen.

”TCC sangat menghargai kerja sama yang terjalin dengan SIG sejak 2021. Kami ingin berkolaborasi dengan SIG untuk menyediakan produk-produk dan solusi ramah lingkungan seperti green products, soil stabilization technology, dan bahan bangunan performa tinggi lainnya untuk mendukung proyek pembangunan IKN dengan teknologi dan pengalaman dari TCC dan SIG,” ungkap TCC Senior Executive Officer & Senior General Manager of International Business Division Shinji Fukami.