Bagikan:

JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) akan menyelesaikan pembangunan dua ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS), yakni Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) dan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Kutepat).

Untuk Tol Sibanceh Seksi 1 Padang Tiji-Seulimeum progresnya kini mencapai 86,89 persen. Kemudian, Tol Kutepat Seksi 2 (Indrapura-Kuala Tanjung), Seksi 3 (Tebing Tinggi-Serbelawan) dan Seksi 4 (Serbelawan-Pematang Siantar) segmen Serbelawan-Sinaksak.

Ketiga seksi Tol Kutepat tersebut ditargetkan beroperasi pada Oktober 2024. Sebelumnya, Seksi 1 (Tebing Tinggi-Indrapura) telah beroperasi sejak 10 November 2023.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Hutama Karya Adjib Al Hakim mengatakan, pihaknya optimistis dapat menyelesaikan sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN) itu sesuai target yang telah direncanakan guna mewujudkan pemerataan pengembangan infrastruktur di berbagai wilayah.

"Untuk memastikan proyek-proyek tersebut rampung tepat waktu, Hutama Karya melakukan sejumlah strategi percepatan demi memastikan kebutuhan sumber daya," ujar Adjib seperti dikutip dari laman resmi Hutama Karya, Sabtu, 8 Juni.

Kemudian, material dan alat terpenuhi, mengontrol dan mengevaluasi target secara intens agar perencanaan dapat tercapai sesuai jadwal serta melakukan koordinasi efektif dan berkala dengan stakeholders yang terlibat agar membantu kelancaran pekerjaan.

Hal ini termasuk berkoordinasi terhadap percepatan lahan yang masih berproses dengan didukung penggunaan digital construction (konstruksi digital).

Adjib menjelaskan, kehadiran proyek-proyek tersebut nantinya akan memberikan sejumlah manfaat, di antaranya meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas antar wilayah serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Pihaknya berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam setiap pekerjaannya. 

"Memastikan bahwa pembangunan infrastruktur yang dihasilkan tidak hanya berkualitas, tetapi juga aman bagi semua pihak yang terlibat dan lingkungan sekitar proyek," pungkasnya.