Jokowi Resmikan Perbaikan Tiga Ruas Jalan di Sulawesi Barat Senilai Rp81,8 Miliar
Presiden Jokowi di Sulbar (Foto: KPUPR)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan perbaikan 3 ruas jalan sepanjang 22,4 kilometer (km) di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) pada hari ini.

Pelaksanaan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Provinsi Sulbar itu menelan biaya hingga Rp81,8 miliar yang tersebar di 3 kabupaten.

Pertama, penanganan IJD di Kabupaten Pasangkayu sebanyak 1 ruas jalan sepanjang 9,4 km dengan biaya Rp24,4 miliar, yakni ruas Trans Sulawesi-Baras-Kapaha-Balanti-Motu.

Kedua, di Kabupaten Mamuju sebanyak 1 ruas jalan, yakni jalan Salubatu-Bonehau sepanjang 10 km dengan biaya mencapai Rp35,2 miliar. Terakhir di Kabupaten Mamasa sebanyak 1 ruas jalan sepanjang 3,0 km dengan biaya Rp22,2 miliar, yakni ruas Tabone-Nosu.

Basuki mengatakan, pelaksanaan IJD mengacu pada Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

Adapun pada tahun anggaran (TA) 2023, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp14,6 triliun secara nasional untuk penanganan 2.873 km jalan daerah di seluruh Indonesia.

"Tujuan pelaksanaan IJD utamanya untuk peningkatan konektivitas serta meningkatkan kemantapan jalan daerah guna memperlancar arus logistik dan akses ke pusat-pusat produksi," kata Basuki dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 23 April.

Kepala Desa Buttuada, Dusun Pelosian, Kabupaten Mamuju, bernama Rudi mengucapkan terima kasih dengan diperbaikinya jalan di wilayahnya. Hal ini pun memberikan dampak positif, yakni dapat mempercepat waktu tempuh.

"Dulu saat masih rusak kondisi jalan, untuk ke Kota Mamuju perlu waktu sekitar 3 jam, sekarang menjadi hanya sekitar 1,5 jam," tuturnya.