Bagikan:

JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) memproyeksikan jumlah pemudik yang melakukan perjalanan ke kampung halaman dengan menggunakan kapal dapat mencapai 2,2 juta pada periode Lebaran 2024.

Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo Ardhy Wahyu Basuki mengatakan jumlah pemudik yang akan melakukan perjalanan dengan kapal laut meningkat di tahun ini.

Kata dia, di Lebaran 2024 ini jumlah penumpang maksimal akan mencapai 2,2 juta. Jumlah tersebut naik dari posisi tahun lalu yang tercatat  1,97 juta penumpang.

Lebih lanjut, Ardhy menyebut angka tersebut akan menyamai jumlah pemudik pada 2019 atau masa sebelum pandemi COVID-19.

“Tahun lalu ada 6.020 kapal yang layani mudik dari awal sampai akhir, dengan penumpang 1,97 juta, tahun ini maksimal di atas 2 juta, bisa 2,2 juta penumpang,” katanya dalam media briefing di Jakarta, Rabu, 3 April.

Ardhy mengatakan untuk arus mudik tahun ini, Pelindo menyiapkan 63 terminal pelabuhan. Hingga H-9 Lebaran 2024, Pelindo mencatat jumlah penumpang yang menggunakan layanan terminal penumpang Pelindo sebanyak 348.837 orang.

Lebih lanjut, Ardhy bilang bahwa jumlah tersebut meningkat sebesar 4,25 persen jika dibanding dengan tahun 2023. 

“Untuk mengantisipasi puncak arus mudik yang diprediksi akan terjadi pada 6 April 2024 (H-4), sejumlah langkah disiapkan Pelindo salah satunya menyiapkan Pelabuhan Ciwandan untuk mengurai kepadatan, memperlancar arus kendaraan di Pelabuhan Merak dan Bakauheni,” kata Ardhy.