Bagikan:

YOGYAKARTA - Berinvestasi memang sesuatu yang mesti dilakukan oleh orang agar memiliki modal di masa depan. Namun sudahkah kalian mengenal investasi sukuk ritel SR020? Dan bagaimana cara investasi sukuk ritel SR020 itu? Yuk kita bahas di sini!

SR020 ialah instrumen investasi yang halal, nyaman serta membagikan keuntungan pasti. Mengutip laman kemenkeu.go.id, Sukuk Ritel dikelola bersumber pada prinsip syariah, tidak memiliki unsur maysir (judi), gharar (ketidakjelasan) serta riba. Sukuk Ritel sudah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN- MUI).

Bukan hanya berlabel syariah, SR020 memberikan keuntungan yang menarik serta pasti. Dengan membeli SR020, Kalian bakal menerima kupon alias imbalan yang sifatnya tetap. Seri SR020-T3 berjangka waktu 3 tahun memberikan kupon ataupun imbalan sebesar 6,3% per tahun. Sementara itu, seri SR020-T5 tenor 5 tahun mematok kupon 6,4%.

Kalian bakal menerima pembayaran kupon tiap bulan, selama masih memegang sukuk ritel ini.

Nah, berinvestasi pada sukuk ritel saat ini semakin gampang dengan terdapatnya e-SBN. Lewat e-SBN, Kalian bisa melangsungkan pembelian SR020 di mana saja serta kapan saja secara online selama masa penawaran 1-27 Maret 2024. Bila berminat, segera hubungi salah satu dari 30 mitra distribusi Sukuk Ritel SR020.

Cara Investasi Sukuk Ritel SR020

Berikut ini, beberapa langkah mudah berinvestasi Sukuk Ritel SR020, dilansir dari laman kemenkeu.go.id:

1. Registrasi

Proses registrasi calon investor lewat Sistem Elektronik yang disediakan oleh mitra distribusi (Midis). Memasukan data-data antara lain, data diri, nomor tunggal identitas pemodal ataupun single investor identification (SID), no rekening dana serta no rekening surat berharga.

Calon investor yang belum mempunyai no SID, rekening dana, dan/atau rekening surat berharga, bakal dibantu oleh Midis.

SID merupakan kode tunggal serta spesial yang diterbitkan oleh Kustodian Sentral Efek lndonesia (KSEI) sebagai lembaga penyimpanan dan penyelesaian.

2. Pemesanan

Sehabis registrasi sukses, calon investor melangsungkan pemesanan SR020 dengan sebelumnya membaca syarat dalam Memorandum Informasi. Pemesanan cuma bisa dilakukan pada saat masa penawaran SR020.

3. Pembayaran

Sehabis pemesanan diverifikasi( verified order), calon investor memperoleh kode pembayaran( billing code) lewat email/ sms sesuai kebijakan masing- masing mitra distribusi.

Kode pembayaran digunakan buat penyetoran dana investasi lewat bank persepsi (teller, ATM, internet banking, mobile banking) dalam batasan waktu yang didetetapkan.

4. Konfirmasi

Sehabis pembayaran, calon investor bakal mendapatkan NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) serta notifikasi completed order dan bakal mendapatkan alokasi SR020 pada tanggal setelmen alias penerbitan.

Daftar 30 Mitra Distribusi SR020 yang Ditunjuk Resmi Oleh Kementerian Keuangan

Bank Central Asia

2. CIMB Niaga

3. Bank Commonwealth

4. Bank Danamon Indonesia

5. Bank DBS Indonesia

6. Bank HSBC Indonesia

7. Bank Mandiri

8. Bank Maybank Indonesia

9. Bank Mega

10. Bank Negara Indonesia

11. Bank OCBC NISP

12. Bank Panin

13. Bank Permata

14. Bank Rakyat Indonesia

15. Bank Tabungan Negara

16. Bank UOB Indonesia

17. Bank Victoria

18. Standard Chartered Bank

19. Bank Syariah Indonesia

20. Bank Muamalat

21. BRI Danareksa Sekuritas

22. Mandiri Sekuritas

23. Bahana Sekuritas

24. Trimegah Sekuritas Indonesia

25. Binaartha Sekuritas

26. Phillip Sekuritas Indonesia

27. Bareksa Portal Investasi

28. FUNDtastic+

29. Tanamduit

30. Bibit Tumbuh Bersama

Selain itu, bagi pemula yang baru saja terjun di ranah dunia investasi, alangkah baiknya kalian membaca: “BSI Prediksi Bisnis Emas Makin Kinclong pada 2024” agar lebih update.

Jadi setelah mengetahui cara investasi sukuk ritel SR020, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!