Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi perusahaan besar dengan ratusan atau bahkan ribuan karyawan, proses pembayaran gaji bulanan bisa menjadi tugas yang rumit dan memakan waktu. Oleh sebab itu, dibutuhkah sebuah sistem administrasi yang dapat membantu pekerjaan supaya lebih efektif dan efisien. Nah, dalam dunia bisnis, sistem tersebut dikenal dengan sebutan payroll. Lantas, apa yang dimaksud dengan payroll? Apa manfaat payroll untuk perusahaan? Jawaban dari pertanyaan tersebut dapat disimak dalam ulasan berikut ini.

Apa itu Payroll?

Payroll adalah sistem administrasi keuangan yang dapat mempermudah pembayaran gaji dalam sebuah perusahaan.

Dengan adanya sistem payroll, setiap karyawan atau pegawai akan mendapatkan informasi detail soal komponen gaji yang diberikan oleh perusahaan.

Adapun komponen gaji karyawan yang dapat dihitung secara otomatis melalui sistem payroll antara lain:

  • Gaji pokok. 
  • tunjangan. 
  • Pajak penghasilan.
  • Potongan jaminan sosial dan kesehatan.

Apa Manfaat Payroll untuk Perusahaan?

Berikut ini adalah beberapa manfaat payroll untuk perusahaan:

1. Mempermudah pembayaran gaji karyawan

Menyadur laman Entrepenuer, layanan payroll dapat memainkan peran yang sangat besar dalam menangani tugas dan tantangan terkait pembayaran gaji karyawan.

Tugas-tugas tersebut tidak bisa dianggap sepele. Bila tidak menggunakan layanan payroll, bagian keuangan dalam sebuah perusahaan akan kehabisan waktu untuk membuat laporan gaji bulanan.

2. Mempermudah pengelolaan layanan dan regulasi

Dalam sebuah perusahaan, bagian Sumber Daya Manusia (SDM) mengemban tugas yang sangat kompleks, termasuk pemotongan gaji karyawan. Dengan adanya sistem payroll, semua layanan, regulasi dan aturan dapat dikelola dengan mudah.

Di sejumlah negara, asuransi kompensasi pekerja merupakan sebuah keharusan. Persyaratan lain yang harus dikelola perusahaan dengan tepat adalah jaminan sosial ketenagakerjaan dan kesehatan.

Sebuah perusahaan bisa mendapatkan sanksi dari pihak yang berwenang bila tidak menjalankan regulasi tersebut.

Kehadiran sistem payroll dapat membantu perusahaan untuk mengelola regulasi tersebut dengan baik. Selain itu, perusahaan juga dapat membayarkan gaji kepada karyawan dengan tepat waktu.

3. Membantu proses rekrutmen karyawan

Rekrutmen karyawan sangat penting jika perusahaan ingin berkembang dan menempatkan bakat terbaik pada posisi yang tepat. Sayangnya, seluruh proses rekrutmen membutuhkan komitmen waktu dan juga uang. Selain itu, tidak semua karyawan yang direkrut dapat menjadi tangguh dan punya kontribusi besar terhadap perusahaan.

Nah, layanan payroll bisa membantu perusahan dalam banyak hal selama proses rekrutmen. Ini termasuk dukungan pemeriksaan latar belakang yang meningkatkan peluang merekrut karyawan yang baik dan melindungi perusahaan dari pengeluaran yang tidak perlu akibat perekrutan yang buruk.

4. Mempermudah penataan data

Manfaat layanan payroll untuk perusahaan yang berikutnya adalah mempermudah penyimpanan data terkait informasi gaji karyawan secara otomatis.

Perusahaan yang masih menggunakan sistem administrasi manual akan kehabisan banyak waktu, kertas, dan sistem penyimpanan yang harus dipersiapkan setiap kali periode gajian.

Hal ini dapat memberikan risiko untuk kerugian dalam jangka waktu yang panjang. Sementara dengan layanan payroll, semua data bisa ditata secara otomatis dan tersimpan dalam serves khusus dengan keamanan yang terjaga.

Demikian informasi tentang manfaat payroll untuk perusahaan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.