Bagikan:

JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan pemerintah akan bertindak tegas menghadapi mafia tanah.

"Soal mafia tanah juga pak Menko menyampaikan bahwa kita serius benar akan melakukan langkah-langkah yang tegas mau bagaimanapun tidak boleh ada yang melawan hukum di negeri kita," jelasnya kepada awak media, Senin 26 Februari.

Menurut AHY, mafia tanah banyak yang mengincar masyarakat kecil. Untuk itu, ia menegaskan pemerintah akan hadir bakal memihak dan membela rakyat dalam semua kasus mafia tanah.

"Kalo berhubungan dan berhadapan dengan rakyat terutama rakyat kecil, yang jelas kalo ada rakyat kecil yang dizolimi atau dibuat susah oleh mafia tanah sudah pasti pemerintah akan hadir untuk membela rakyat kecil," ucapnya.

AHY mengatakan, harus melihat sebuah masalah pertanahan secara utuh dan tidak gegabah dalam mengambil keputusan lantaran masalah tersebut begitu kompleks.

"Kita juga ingin bener bener memahami situasi nya karena situasi tanah dan sengketa tanah itu kompleks jadi sudah lama carut marut jadi tidak boleh juga kita sembrono, kita juga ingin cepat tapi juga harus dengan diteliti dengan baik," ujarnya.

Selanjutnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa kasus mafia tanah akan ditangani secara spesifik sesuai masalahnya.

"Nanti itu kita tangani spesifik case by case," ujarnya.