Bagikan:

JAKARTA - Akhir-akhir ini, OTC (over-the-counter) market crypto telah berkembang pesat menjadi komponen penting dalam ekosistem aset digital. OTC market memfasilitasi investor untuk bertransaksi aset kripto seperti Bitcoin dan Ethereum secara langsung dengan penyedia likuiditas, tanpa melalui order book di crypto exchange.

Lebih jauh lagi, OTC market adalah sebuah keunggulan berupa kemudahan layanan bertransaksi aset kripto yang tidak dimiliki oleh crypto exchange tradisional, terutama dalam hal mendukung transaksi dalam skala besar yang melibatkan dana investasi ratusan ribu bahkan jutaan dolar. Beberapa keuntungan utama OTC crypto market untuk transaksi large-scale antara lain akses likuiditas yang jauh lebih mendalam, eksekusi yang cepat, serta jaminan privasi dan keamanan data pada level tertinggi.

Kelebihan OTC Crypto Market

● Likuiditas Tinggi

OTC market crypto memiliki akses likuiditas yang jauh melampaui crypto exchange. Hal ini memungkinkan investor melakukan transaksi besar tanpa takut slippage atau gejolak harga. Contohnya, pembelian 100.000 BTC senilai ratusan juta dolar pun bukan hal mustahil.

● Eksekusi Cepat

Transaksi besar di OTC market crypto umumnya dieksekusi sangat cepat, bahkan dalam hitungan menit saja langsung final. Ini sangat penting untuk mengamankan posisi investor sebelum terkena pergerakan harga yang tidak diinginkan.

● Privasi dan Keamanan

OTC crypto market menjaga kerahasiaan dan privasi investor secara maksimal. Data sensitif investor dilindungi dengan sangat hati-hati. Hal ini penting untuk mengamankan dana besar para institutional investors.

Mengatasi Tantangan

● Manajemen Risiko

Risiko dalam transaksi besar dapat diminimalkan dengan melibatkan penyedia likuiditas OTC terkemuka yang telah memiliki akses pasar luas, backing modal kuat, serta catatan keamanan yang terbukti.

● Negosiasi yang Lebih Baik

Sifat bilateral OTC memungkinkan investor melakukan negosiasi harga jual/beli secara langsung. Hasil negosiasi ini seringkali sangat menguntungkan investor besar yang punya daya tawar tinggi.

Studi Kasus Kesuksesan

Sejumlah hedge fund ternama seperti One River Asset Management dan Ark36 berhasil mendapatkan keuntungan signifikan dari OTC crypto market dengan melakukan transaksi ratusan juta dolar.

Kesimpulan

OTC crypto market memberikan keunggulan signifikan bagi para investor besar berkat akses likuiditas dan eksekusi cepat, serta tingkat keamanan & privasi tertinggi, sehingga sangat tepat untuk transaksi dalam skala besar.