Kadin Minta Calon Presiden Terpilih Lebih Perhatikan Pembangunan di Daerah
Ketum Kadin Jakarta Diana Dewi (Foto: Mery Handayani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) DKI Jakarta Diana Dewi minta calon presiden (capres) yang terpilih di Pemilu 2024 ini untuk lebih memperhatikan isu pembangunan daerah.

Lebih lanjut, Dewi mengatakan selama ini pengusaha di daerah selalu mendapatkan kebijakan yang berbeda dari pemerintah pusat (pempus). Menurut dia, hal ini membuat pembangunan belum merata di daerah-daerah.

“Saya berharap problem di daerah untuk presiden ke depan juga perhatikan daerah dalam hal perekonomian. Kami selalu mendapatkan kebijakan-kebijakan yang terkadang berbeda dengan kebijakan pusat,” tuturnya dalam Dialog Capres Bersama Kadin: Menuju Indonesia Emas 2045, di Djakarta Teater-Lounge Area, Jakarta Pusat, Rabu, 10 Januari.

Diana bilang setiap kepala daerah memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Kondisi ini, sambung dia, membingungkan pelaku usaha untuk berinvestasi di daerah tersebut.

Bahkan, kata Diana, karena kondisi yang membingungkan tersebut banyak pelaku usaha akhirnya memilih pindah ke daerah yang memiliki regulasi yang mempuni.

“Harapannya ke depan pemerintah pusat harus betul-betul perhatikan kebijakan dari pemerintah daerah yang dikeluarkan, meskipun sekarang otonomi daerah. Ini sangat menggangu sekali,” ucapnya.

Diana bilang pertumbuhan ekonomi nasional ditopang oleh daerah. Karena itu, menurut dia, pemerintah pusat juga perlu memperhatikan daerah.

“Tidak mungkin Indonesia jadi besar jika daerah enggak di dukung. Itu kami merasakan sebagai Kadin di daerah,” jelasnya.