Sandiaga Uno Proyeksi Perputaran Ekonomi Selama KTT AIS 2023 Capai Rp200 Miliar
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Dok. ANTARA)

Bagikan:

BALI - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memproyeksikan perputaran nilai ekonomi dari seluruh rangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelago and Island States (AIS) Forum mencapai lebih dari Rp200 miliar.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2022, rata-rata pengeluaran wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Indonesia menghabiskan sekitar 1.500 dolar Amerika Serikat (AS).

“Yang terlibat dari AIS Forum ini sekitar 50 negara lebih. Kalau setiap negara membawa 20 delegasi, maka kita lihat ada 1.000 orang, dan 1.000 orang ini kalau dikalikan 1.500 dolar AS. Dampaknya ini bisa mencapai nilai yang cukup signifikan di atas Rp200 miliar,” ujar Sandiaga dikutip dari ANTARA, Rabu, 11 Oktober.

Sandiaga juga mengajak para delegasi serta pimpinan negara yang hadir dalam AIS Forum untuk berwisata ke desa-desa wisata yang ada di Pulau Dewata. Sebab wisata berbasis budaya menjadi hal yang menarik bila dikunjungi, tak hanya wisata hiburan yang dimiliki Bali.

“Di Bali adalah tentunya desa-desa wisata, wisata berbasis budaya karena mereka kaget juga mereka bacanya. Kalau ke Bali bacanya hanya party, beach club, dan sebagainya. Padahal yang kita dorong ini lebih ke arah ekowisata, wisata budaya dengan mengedepankan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan,” ujarnya.

Apalagi, kata dia lagi, ada desa wisata yang diperkenalkan dan salah satu desa wisata yang menjadi nominasi desa wisata terbaik dunia, yaitu Desa Wisata Panglipuran.

Sementara bagi delegasi yang ingin mendapatkan pengalaman di luar Bali dapat mengunjungi lima destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) yang menjadi unggulan, antara lain Labuan Bajo, Danau Toba, Borobudur, Likupang, dan Mandalika.

Terkait