Menteri Basuki Sebut Nusantara Sail 2023 Dukung IKN Jadikan RI Poros Negara Maritim
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Foto: Theresia Agatha/VOI

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut, kegiatan berlayar nasional Nusantara Sail 2023 mendukung pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara untuk menjadikan Indonesia sebagai poros negara maritim.

"Nusantara Sail merupakan kegiatan berlayar nasional yang diinisiasi oleh Kementerian PUPR guna mendukung pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang akan menjadi poros negara Indonesia sebagai negara maritim," kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 23 September.

Basuki mengatakan, kegiatan Nusantara Sail 2023 sekaligus merupakan bagian dari Road to World Water Forum Ke-10 di Bali 2024 dan Perayaan Hari Maritim Ke-59.

"Perhelatan Nusantara Sail tahun 2023 merupakan agenda perdana yang diharapkan dapat terus terlaksana pada tahun-tahun berikutnya. Kegiatan ini juga sebagai upaya meningkatkan kesadaran bersama dalam melestarikan laut dan mempromosikan budaya berlayar sebagai identitas Bangsa Indonesia sebagai negara maritim," ujarnya.

Adapun Menteri Basuki didampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyambut kedatangan para peserta Nusantara Sail 2023 di kawasan Jembatan Pulau Balang, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Jumat, 22 September.

Sebelumnya, pada 9 September 2023 lalu, Menteri Basuki telah melepas keberangkatan para peserta yang berlayar dari Pantai Ancol, Jakarta, hingga ke IKN Nusantara.

Basuki menyampaikan apresiasi kepada para peserta Nusantara Sail 2023 yang tidak hanya berasal dari dalam negeri, namun juga dari luar negeri. Dia juga berharap, kegiatan Nusantara Sail berikutnya dapat diikuti oleh lebih banyak peserta lagi.

Kegiatan Nusantara Sail 2023 sendiri merupakan ajang yang mempertemukan para pelaut Nusantara yang menggunakan kapal tradisional bersejarah dengan pelaut internasional dari berbagai negara.

Nusantara Sail 2023 juga memiliki misi pengenalan sosial budaya yang mengangkat cerita sejarah para pelaut Indonesia yang juga merefleksikan semangat membangun Nusantara.

Sementara itu, Menhub Budi Karya Sumadi mengapresiasi Kementerian PUPR yang telah menginisiasi Nusantara Sail 2023.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu upaya mewujudkan visi misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memperkenalkan IKN Nusantara.

"Kami semua bercita-cita menjadikan Nusantara sebagai contoh kota di Indonesia, Pak Basuki adalah leader di sini dan kami tentu akan mendukung dan melengkapi. Mari bersama melakukan berbagai upaya agar visi-misi Presiden dapat menjadi nyata," ungkapnya.