Deloitte Umumkan Pemenang Penghargaan Indonesia's Best Managed Companies 2023
Foto: Dok. Deloitte Indonesia

Bagikan:

JAKARTA - Deloitte Indonesia, dalam acara tahunannya yang diadakan untuk ketiga kalinya, dengan bangga mengumumkan pemenang Indonesia's Best Managed Companies 2023 pada 28 Juli. Sebelas perusahaan swasta dipilih untuk acara ini, masing-masing diakui atas keberhasilan organisasi dan kontribusi signifikan mereka terhadap industri dan perekonomian Indonesia.

Untuk mendapatkan gelar prestisius tersebut, perusahaan-perusahaan tersebut harus melalui penilaian ketat yang dipimpin oleh panel juri multidisiplin dan independen. Empat pilar utama yang menjadi dasar penilaian, antara lain strategi, kapabilitas dan inovasi, budaya dan komitmen, serta tata kelola dan keuangan.

Tahun ini, lima perusahaan baru telah memenangkan penghargaan ini untuk pertama kalinya. Kelima perusahaan tersebut adalah PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk (Cinema XXI) jaringan bioskop terbesar di Indonesia, PT Paragon Universa Utama (Paragon Corp) yang bergerak di bidang kecantikan dan personal care, PT Mayora Indah Tbk di bidang makanan dan minuman, PT Sat Nusapersada Tbk di bidang manufaktur elektronik, dan PT Eka Mas Republik di bidang layanan internet, semuanya baru pertama kali mendapatkan penghargaan tersebut.

Hans Gunadi, Presiden Direktur dan CEO PT Nusantara Sejahtera Jaya Tbk, menyatakan penghargaan ini merupakan hasil kerja keras dalam memberikan pengalaman menonton film terbaik bagi penonton film di Indonesia. “Merupakan suatu kehormatan bagi Cinema XXI untuk diakui sebagai salah satu pemenang dalam Indonesia's Best Managed Company. Hal ini memperkuat komitmen kami untuk menghadirkan hiburan berkualitas tanpa kompromi, terjangkau, dan selalu menjadi yang terbaik di industri perfilman,” tambahnya.

Sedangkan enam perusahaan lainnya berhasil mempertahankan status Best Managed. Diantaranya adalah PT Great Giant Pineapple dan PT Pakuwon Jati Tbk yang meraih penghargaan tersebut selama tiga tahun berturut-turut. PT ACE Hardware Indonesia Tbk, PT Indesso Primatama, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, dan PT Mowilex Indonesia telah mempertahankan gelarnya selama dua tahun berturut-turut.

Bagi Tommy Wattimena, CEO PT Great Giant Pineapple, keberhasilan meraih penghargaan Best Managed Company se-Indonesia tiga kali berturut-turut merupakan bukti dedikasi yang tinggi dan kerja tim yang luar biasa dari para karyawan perusahaan. “Kesuksesan kami bukan hanya sekedar meraih penghargaan, tetapi juga secara konsisten meningkatkan standar keunggulan dan inovasi,” kata Tommy.

Roy Tedja, Best Managed Companies Leader dari Deloitte Indonesia, mengatakan, “Selamat kepada sebelas pemenang program penghargaan Indonesia Best Managed Companies tahun ini. Mereka telah bergabung dalam komunitas elite global Best Managed Companies di 46 negara dan menjadi yang terdepan dalam industri, berkontribusi pada komunitas bisnis mereka dan perekonomian Indonesia.”

Roy juga menjelaskan bahwa para pemenang dipilih oleh dewan juri yang terdiri dari tokoh-tokoh terkemuka seperti Prof. Agus W. Soehadi, Ph.D., Wakil Rektor Universitas Prasetiya Mulya; Dr. Ancella Anitawati Hermawan, MBA, CA, ACMA, CGMA, Dosen Senior Jurusan Akuntansi Universitas Indonesia; dan Claudia Lauw, mantan CEO Deloitte Indonesia. "Dewan juri independen kami telah meninjau aplikasi yang masuk dengan cermat dan menentukan pemenang tahun ini," kata Roy.

Michael Tsia, Perusahaan yang Dikelola Terbaik di Asia Tenggara, menambahkan, “Kami bangga dengan bisnis swasta terbaik yang lolos dan berkualifikasi ulang untuk penghargaan Perusahaan yang Dikelola Terbaik tahun ini. Best Managed Companies membedakan diri mereka dengan memiliki visi inovatif dan menawarkan pelanggan mereka produk dan layanan terbaik di kelasnya.”

Para pemenang dari Indonesia ini akan bergabung dalam jaringan global Best Managed Companies yang terdiri lebih dari 1.300 organisasi dari 46 negara di Amerika, Eropa, dan Asia Pasifik. Mereka juga diundang untuk mengikuti Regional Symposium and Annual Best Managed Companies Southeast Asia 2023 Gala Dinner di Bangkok, Thailand pada 3 Agustus 2023, sebagai malam perayaan, jejaring, dan pengenalan pasar.

Best Managed Companies adalah program unggulan yang diselenggarakan oleh Deloitte Private, sebuah divisi dari Deloitte yang secara eksklusif berfokus untuk melayani klien pribadi dari berbagai ukuran. Program ini membuktikan bahwa di tengah tantangan dan perubahan lingkungan bisnis, perusahaan-perusahaan tersebut tetap dapat memberikan kinerja terbaik, inovasi, dan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.