Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat merenovasi prasarana Sekolah Dasar (SD) 02 Amban, Manokwari, Papua Barat.

Sekretaris Jenderal Mohammad Zainal Fatah berpesan kepada Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Papua Barat untuk memperhatikan detail pekerjaan konstruksi, agar bangunan sekolah yang baru ini dapat nyaman digunakan oleh para siswa untuk kegiatan belajar.

"Selalu ingatkan para kontraktor pelaksana untuk melakukan pekerjaan secara rapi dan segera penuhi kelengkapan prasarana ruang kelas yang dibutuhkan, terutama kursi dan meja belajar siswa," kata Zainal Fatah dalam keterangan tertulisnya, dikutip Sabtu, 15 Juli.

SD Negeri 02 Amban merupakan salah satu dari 15 sekolah di Papua Barat yang tengah direhabilitasi dan direnovasi oleh Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Papua Barat. 

Sementara itu, Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti mengatakan, setelah pembangunan selesai diharapkan masyarakat setempat mampu melakukan pengelolaan dan pemeliharaan.

"Sehingga, apa yang kami bangun ini bisa berkelanjutan, bermanfaat, dan tidak mangkrak," ujarnya.

Lingkup pekerjaannya sendiri meliputi pembangunan 3 ruang kelas baru (7x8 m2), toilet (4 putri, 2 putri, 1 disabilitas), menara air (kapasitas 2.000 liter), lapangan upacara, jalan akses (43,2 m), dan pot taman (8 unit).