5 Tips Membagi Waktu Kerja dan Bisnis Sampingan, Aplikasikan Biar tidak Keteteran!
Ilustrasi (Foto: Pixabay/bzak)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan adalah membangun bisnis UMKM. Akan tetapi, upaya ini bisa membuat Anda menghadapi tantangan ganda, khususnya dalam menentukan skala prioritas. Untungnya, terdapat tips membagi waktu kerja dan bisnis yang bisa Anda jalankan supaya kedua pekerjaan tersebut tetap optimal.

Tips Membagi Waktu Kerja dan Bisnis

Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu, 14 Juni 2023, berikut tips membagi waktu kerja dan bisnis yang efektif agar keduanya dapat berjalan beriringan.

  1. Alokasikan waktu untuk pekerjaan tetap dan bisnis

Membuat alokasi waktu antara pekerjaan tetap dan bisnis sampingan merupakan hal pertama yang harus dilakukan jika ingin kedua pekerjaan Anda berjalan dengan optimal.

Dengan memiliki alokasi waktu yang tepat, Anda tak perlu mengorbankan waktu antara satu kegiatan dengan yang lainnya.

Anda bisa membagi waktu kerja dan bisnis dengan skala prioritas masing-masing. Misalnya, mendahulukan pekerjaan tetap di pagi hari, kemudian menkalankan bisnis sampingan pada jam istirahat.

  1. Luangkan waktu untuk istirahat

Kendati jadwal Anda padat karena menjalankan dua pekerjaan yang berbeda, jangan lupa meluangkan waktu untuk istirahat. Hal ini sangat penting agar Anda tidak cepat burnout atau kelelahan.

  1. Manfaatkan fitur smart reply

Apabila bisnis sampingan Anda adalah berjualan di marketplace, Anda bisa memanfaatkan fitur smart reply yang memudahkan penjual membalas chat pembeli dengan lebih cepat secara otomatis.

Kehadiran fitur ini memungkinkan Anda untuk menjawab pertanyaan seputar stok produk, pengiriman, hingga spesifikasi produk.

  1. Buat to do list

Karena Anda melakukan dua pekerjaan besar, luangkanlah waktu untuk memikirkan kembali apa yang harus diselesaikan besok.

Dengan membuat to-do-list, pekerjaan Anda akan lebih terstruktur. Selain itu, langkah ini juga bisa menghindarkan Anda dari stress.

Ketika membuat to-do list, tulis semua yang Anda harus lakukan dan atur sesuai prioritas Anda. Apabila Anda merasa semua adalah prioritas, pilih mana yang paling penting dan mendesak.

  1. Jangan malu untuk meminta bantuan

Memikul dua tanggung jawab besar memang bisa saja menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Oleh sebab itu, jangan pernah malu untuk meminta bantuan kepada rekan terdekat untuk memudahkan menyelesaikan pekerjaan.

Anda bisa mencoba berkolaborasi dengan rekan atau keluarga, dengan begitu bisnis sampingan tetap bisa berjalan lancar.

Membagi waktu kerja dan bisnis sampingan bukanlah pekerjaan yang gampang, tetapi tidak mustahil untuk dilakukan. Pada awalnya akan sulit dan banyak hal yang harus Anda korbankan. Namun, seiring berjalannya waktu, Anda akan bersyukur Anda tidak terjebak dalam cari-cari alasan untuk menghindari tanggung jawab dan bangga akan keberanian menantang diri sendiri untuk memulai.

Demikian informasi tentang tips membagi waktu kerja dan bisnis sampingan agar dapat berjalan optimal. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.