Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebagai pemilik rekening bank, tentu Anda pernah bertanya fungsi endapan saldo yang tidak bisa diambil. Biasanya jumlah nominal endapan saldo di dalam rekening berbeda-beda tergantung kebijakan pihak perbankan. Lalu, mengapa harus ada saldo mengendap di rekening?

Mengapa Harus Ada Salo Mengendap di Rekening?

Secara umum, pengertian saldo di rekening adalah uang yang ada dalam rekening dengan nominal tertentu yang telah ditetapkan oleh pihak bank dan tidak bisa diambil atau ditarik oleh pemilik rekening. Besaran nominal saldo minimal rekening berbeda-beda, tergantung kebijakan bank. Besaran nominal saldo yang mendedap beragam mulai dari Rp10 ribu hingga Rp50 ribu.

Sebagai contoh, Anda memiliki rekening A dengan saldo terakhir Rp150 ribu. Nasabah hanya bisa melakukan penarikan maksimal Rp100 ribu, sisa saldo adalah endapan di rekening. Namun ada pula produk perbankan yang tidak memberlakukan adanya endapan saldo sebagai syarat pembukaan suatu rekening. Biasanya produk semacam ini digunakan pada produk kerja sama antara perbankan dengan pemerintah. Selain itu beberapa perbankan tak memberlakukan saldo endapan pada produk simpanan pelajar.

Fungsi endapan saldo di rekening adalah untuk menutupi biaya overhead cost bank untuk mengelola deposan. Patut diketahui, overhead cost adalah biaya operasional yang dikenakan oleh perbankan kepada nasabah. Biaya rutinan tersebut contohnya biaya administrasi, biaya tenaga kerja, biaya penyusutan aset dan peralatan kantor, dan sebagainya.

Masing-masing bank menerapkan besaran endapan saldo berbeda disesuaikan dengan strategi tiap perbankan dalam produknya. Besaran saldo endapan juga jadi salah satu daya tawar bagi nasabah baru agar produk perbankan mampu bersaing di pasaran.

Endapan saldo juga difungsikan sebagai pengaman jika suatu saat nasabah ingin menutup rekeningnya, maka saldo akan ditujukan sebagai biaya biaya administrasi proses penutupan rekening bank terkait. Biasanya pihak bank akan memberitahukan hal ini saat nasabah melakukan penutupan rekening.

Itulah informasi terkait mengapa harus ada salo mengendap di rekening. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya kunjungi VOI.ID.