Sandiaga Uno Keluarkan Surat Imbauan untuk pastikan Kesiapan Destinasi Wisata saat Libur Lebaran
Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, pihaknya telah mengeluarkan surat Imbauan pemantauan Hari Raya Idulfitri 2023 kepada seluruh Dinas Pariwisata Provinsi di Indonesia.

Sandiaga menyebut, surat edaran yang berisi imbauan tersebut merupakan perintah, guna memastikan kesiapan destinasi wisata saat libur Lebaran 2023. Sebab, menurut dia, masyarakat tak hanya sekadar mudik, tetapi sekaligus berwisata mengisi momen liburan Idulfitri.

"Dalam libur Lebaran ini, kami sudah memberikan surat edaran ke seluruh Dinas Pariwisata di Indonesia," ujarnya dalam The Weekly Brief with Sandiaga Uno di Jakarta, Senin, 17 April.

Dia berharap, langkah yang diambil pihaknya tersebut nantinya dapat mendorong para pelaku wisata dalam meningkatkan protokol keselamatan, sehingga menghindari adanya penumpukan hingga insiden kecelakaan selama libur Lebaran 2023.

"Untuk mengantisipasinya, kami telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk memastikan keselamatan perjalanan para wisatawan saat mudik dan libur Lebaran," kata Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga bahkan memberikan contoh, misalnya bus pariwisata yang akan jadi transportasi mudik Lebaran sudah mengikuti ramp check, serta sopir yang akan membawa armada tersebut, telah mengikuti pelatihan pengaturan perjalanan.

"Kami cek, apakah sopirnya itu sudah pernah melewati jalan itu, agar nantinya tetap aman," ucapnya.

Dengan sejumlah langkah yang telah diambil tersebut, Sandiaga berharap, para pelaku wisata untuk bisa lebih meningkatkan protokol keselamatan lagi bagi masyarakat.

"Kami juga harus mengantisipasi (adanya) kemungkinan buruk dengan menerapkan seluruh protokol keamanan, keselamatan dan kesehatan, serta keberlanjutan lingkungan," tandasnya.