Tol Bocimi Seksi Cigombong-Cibadak Resmi Beroperasi Fungsional Secara Gratis pada Lebaran 2023, Ini Jadwalnya
Tol Bocimi/DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - PT Waskita Toll Road (WTR) melalui anak perusahaannya, PT Trans Jabar Tol (TJT) dan PT Transjawa Paspro Jalan Tol (TPJT) resmi mengoperasikan dua seksi jalan tol secara fungsional selama periode mudik Lebaran 2023. 

Adapun jalan tol yang beroperasi secara fungsional, di antaranya Jalan Tol Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi Cigombong-Cibadak dan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) Seksi ProbolinggoTimur-Gending.

Direktur Pengendalian & K3LMP WTR Mokh. Sadali menyebut, pengoperasian fungsional kedua jalan tol tersebut merupakan bagian dari sosialisasi awal sebelum Jalan Tol Bocimi Seksi Cigombong-Cibadak dan Jalan Tol Paspro seksi Probolinggo Timur-Gending beroperasi di tahun ini.

"Kami berharap, dengan dioperasikannya kedua ruas tol tersebut secara fungsional dapat memperlancar lalu lintas selama periode mudik. Setelah periode fungsional, kami akan kembali berfokus untuk menyelesaikan konstruksi tol Bocimi dan Paspro," ujar dia melalui keterangan tertulisnya, Sabtu, 15 April.

Saat ini, progress konstruksi Tol Bocimi seksi Cigombong-Cibadak sudah mencapai 94 persen. Jalan Tol Bocimi seksi Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 Km beroperasi secara fungsional tidak bertarif mulai Sabtu, 15 April 2023 hingga Senin, 1 Mei 2023. 

"Selama periode tersebut, pengguna jalan dapat melintas mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Adapun jalur fungsional tersebut dioperasikan secara dua arah dari Cigombong-Cibadak dan sebaliknya," ujar Sadali.

Dia menyebut, jalur fungsional hanya diperuntukkan bagi kendaraan Golongan 1 dengan ketinggian maksimal 2,1 meter, serta guna meningkatkan kenyamanan selama berkendara, pengguna jalan diimbau untuk membatasi kecepatan kendarannya maksimal 60 Km/jam.

"Sedangkan, Jalan Tol Paspro seksi Probolinggo Timur-Gending sepanjang 8,55 Km saat ini progresnya mencapai 98 persen dan akan dioperasikan secara fungsional pada 16 April 2023 dan 18 April 2023, mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB," jelas Sadali.

Selain itu, ruas tol ini juga akan difungsionalkan pada 19 April 2023-30 April 2023 selama 24 jam tanpa tarif. Ruas ini diperuntukkan bagi para pengguna jalan dengan semua golongan kendaraan dan dioperasikan secara 2 arah dari Probolinggo Timur-Gending dan sebaliknya. 

Sekadar informasi, WTR melalui sejumlah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lainnya juga telah menyiapkan berbagai strategi dalam rangka menyambut mudik Lebaran, yakni dengan memberlakukan pengaturan lalu lintas secara one way pada Jalan Tol Pemalang-Batang pada periode dan jadwal tertentu. 

Kemudian, juga pemberlakuan diskon tarif sebesar 20 persen untuk semua golongan kendaraan pada jalan tol Kayuagung-Palembang-Betung pada 16-18 April 2023 pukul 06.00 WIB dan pada 27 April-29 April 2023 pukul 06.00 WIB. 

"Selain itu, WTR juga memastikan adanya peningkatan pelayanan untuk kenyamanan dan keamanan para pengguna jalan pada ruas tol milik WTR lainnya," tandasnya.