Punya Hobi Pelesiran hingga ke Luar Negeri? Yuk Cari Tahu Pentingnya Miliki Asuransi Perjalanan
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Berkunjung ke tempat yang baru dengan budaya dan lingkungan yang berbeda dari kampung halaman memang bisa menjadi pengalaman tak terlupakan dalam hidup. Karena alasan itu pula mengapa ada banyak orang yang memiliki hobi pelesiran, tidak hanya ke luar kota, tapi sampai ke luar negeri.

Walaupun begitu, ketika melancong, jangan hanya berfokus pada niat untuk bersenang-senang dan merajut pengalaman yang baru saja. Demi menjamin perlindungan terhadap segala risiko yang mungkin terjadi selama asyik pelesiran, Anda perlu menyiapkan yang namanya asuransi perjalanan.

Secara umum, fungsi utama dari asuransi perjalanan ini adalah memberi perlindungan terhadap berbagai macam risiko atau hal tak terduga selama bepergian. Khususnya di masa pandemi seperti sekarang ini, produk asuransi tersebut menjadi hal yang tak boleh dilewatkan saat berencana melakukan perjalanan.

Nah, bagi yang ingin tahu lebih lanjut tentang apa saja manfaat dan pentingnya memiliki asuransi perjalanan selama bepergian, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Memberi Pertanggungan Biaya Kesehatan

Siapa bilang jika manfaat perlindungan terhadap risiko penyakit dan biaya rumah sakit hanya ditanggung asuransi kesehatan? Nyatanya, bagi nasabah asuransi perjalanan, manfaat tersebut juga bisa didapatkan ketika sedang melancong. Berbeda dengan asuransi kesehatan, manfaat pertanggungan biaya kesehatan dari asuransi perjalanan hanya bisa didapatkan ketika nasabah dalam perjalanan.

Baik itu karena kelelahan, sulit beradaptasi dengan iklim setempat, maupun kecelakaan, biaya pengobatan atau perawatan di rumah sakit selama bepergian akan ditanggung oleh asuransi perjalanan. Khususnya jika berkunjung ke tempat atau negara dengan iklim yang jauh berbeda dengan di Indonesia, manfaat produk asuransi perjalanan tentu penting untuk didapatkan.

Terkait plafon pertanggungan yang diberikan sendiri umumnya tergantung dari kebijakan penyedia asuransi dan besarnya premi yang ditanggung nasabah. Jadi, dengan perlindungan asuransi tersebut, Anda tak lagi merasa khawatir terhadap risiko menanggung besarnya biaya perawatan kesehatan selama di perjalanan.

2. Perlindungan Terhadap Risiko Kerusakan atau Kehilangan Bagasi

Selain menanggung biaya medis selama di perjalanan, produk asuransi ini juga menjamin perlindungan terhadap risiko mengalami kerusakan atau kehilangan bagasi. Seperti yang kita tahu, masalah kerusakan atau kehilangan bagasi adalah hal yang bisa saja terjadi selama bepergian, terlebih saat menggunakan moda pesawat terbang.

Masalah tersebut juga kerap terjadi di luar kendali nasabah dan bisa memberi dampak kerugian besar ketika di dalam bagasi yang hilang atau rusak terdapat dokumen penting seperti visa atau paspor. Dengan menyiapkan asuransi perjalanan, kerugian akibat masalah ini akan ditanggung oleh penyedia asuransi.

Kalaupun harus berurusan dengan pihak berwajib karena tak mampu menunjukkan dokumen penting, pihak perusahaan asuransi juga akan memberi pendampingan agar masalah tersebut bisa diselesaikan. Aktivitas perjalanan pun mampu berlangsung dengan lebih aman dan nyaman sesuai rencana.

3. Kompensasi Atas Masalah Keterlambatan Maupun Pembatalan Perjalanan

Masalah lain yang kerap menjadi sumber petaka dari para pelancong adalah moda transportasi yang telah dipesan jauh-jauh hari mengalami keterlambatan atau bahkan pembatalan keberangkatan. Saat hal tersebut terjadi, kerugian yang diakibatkan bisa merembet ke banyak hal, seperti pembatalan reservasi hotel, ataupun tak mampu mendatangi acara penting tepat waktu.

Untungnya, saat mengajukan asuransi perjalanan, Anda akan lebih terlindungi terhadap risiko masalah tersebut. Pasalnya, penyedia asuransi akan menjamin pertanggungan dan kompensasi terhadap risiko keterlambatan dan pembatalan perjalanan.

Beberapa contoh perlindungan yang diberikan adalah pemberian tiket penerbangan lain di waktu yang sama atau berdekatan, reservasi hotel cadangan, dan lain sebagainya sesuai ketentuan pada polis.

4. Santunan pada Risiko Kematian atau Cacat Permanen

Banyak yang belum tahu jika asuransi perjalanan juga memberi perlindungan terhadap risiko kematian maupun cacat permanen berupa santunan selayaknya asuransi jiwa. Santunan tersebut akan diberikan ke pihak keluarga atau ahli waris yang ditinggalkan.

Manfaat ini tentu membuat produk asuransi tersebut menjadi jauh lebih penting untuk disiapkan sebelum pelesiran, apalagi yang sampai ke negara lain.

Terkait nominalnya sendiri bervariasi tergantung dari ketentuan pada polis dan besarnya premi yang ditanggung nasabah. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk memilih asuransi perjalanan, cek dulu apakah manfaat perlindungan terhadap risiko kematian maupun cacat permanen ini sesuai dengan kebutuhan ataukah tidak.

Ajukan Asuransi Perjalanan yang Mampu Memberi Manfaat Proteksi Sesuai Kebutuhan

Walaupun mampu memberi banyak manfaat penting seperti yang telah dijelaskan di atas, sebagian orang masih merasa jika asuransi perjalanan belum terlalu mendesak untuk disiapkan ketika melancong.

Padahal, premi asuransi perjalanan biasanya relatif terjangkau dan tak akan terlalu signifikan membengkakkan budget liburan. Yang terpenting, ajukan produk asuransi ini sesuai kebutuhan dan anggaran guna menjamin manfaat perlindungan yang diberikannya optimal.