Dukung Zakat Sejahterakan Umat, Menteri PUPR Dapat Apresiasi dari Baznas
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (diwakilkan) mendapatkan penghargaan dari Baznas Award 2023. Foto: Dok. Kementerian PUPR

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendapatkan penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Award 2023 dengan Kategori Menteri Pendukung Zakat Sejahterakan Ummat, pada tahun ini.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dan diterima oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah di Jakarta.

Wapres Ma'ruf Amin berpesan untuk menjadikan Baznas Award 2023 sebagai bagian dari upaya memperkuat pondasi ekosistem zakat nasional. Perhelatan ini hendaknya tidak berhenti pada ajang apresiasi bagi pemangku kepentingan yang mendukung dan mendorong kebangkitan zakat di Tanah Air.

Menurutnya, para penerima Baznas Award yang berasal dari pejabat, tokoh masyarakat, publik figur, ulama, hingga kalangan media tidak lain adalah unsur dan komponen utama atau pendukung dari ekosistem zakat itu sendiri.

"Untuk itu, keberlanjutan atas peran ekosistem zakat ini harus dijaga dan dijadikan role model untuk direplikasi oleh pihak-pihak lain," kata Ma'ruf Amin dalam keterangan resminya, Kamis, 23 Maret.

Dia juga menekankan komponen utama ekosistem zakat mencakup sumber zakat atau asal usul zakat itu sendiri, mulai dari aspek perencanaan, penghimpunan, penyaluran, hingga akuntabilitas zakat harus dikelola secara profesional dan amanah.

"Kembangkan strategi penguatan ekosistem zakat nasional, potensi, kekuatan, dan tantangan dari tiap komponen ekosistem zakat perlu dipetakan dengan seksama. Susun strategi penguatan dari komponen ekosistem zakat tersebut, salah satunya sertifikasi kompetensi amil zakat," ujarnya.

Sementara itu, Sekjen Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah mengatakan, ke depan agar para penerima penghargaan Baznas Award terus menjadi teladan dalam perbaikan.

"Tentu ini menjadi kebanggaan bagi kami warga kementerian PUPR, menteri kami menjadi salah satu menteri yang menginspirasi dalam penyelenggaraan zakat nasional," ucapnya.

Selain Menteri Basuki, penghargaan Baznas Award 2023 kategori Menteri Pendukung Zakat Sejahterakan Ummat juga diberikan kepada Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Kementerian Agama (Kemenag).